Tanya Dokter

  • Apakah susu prenagen esensi + ever e / folavit aman untuk promil ?

  • Selamat sore dok,

    sya mau konsultasi saya suadah menikah 6bln tapi belum hamil. dari awal saya mens sudah tidak teratur satu bulan bisa 2-3minggu saya mens kadang satu bulan tidak mens terus mens selama 2bln dan dulu saya juga sempat priksa soalnya setelah mens panjang keputihan.ku berlebhan sampai berwarna kehijauan saya priksa kandungan saya baik tidak ada masalah hanya hormon yang tidak setabil, tapi semenjak menikah udah gak pernah keputihan lagi. apakah mens saya berpengaruh dalam proses pembuahan ? dan saya mencoba promil minum susu prenagen esensi + ever e / folavit apakah aman /

    Silvy Abdullah  Silvy Abdullah
    Anggota

    Silvy Abdullah
    Mar 13, 2017 at 03:20 PM

    Selamat sore dok,

    sya mau konsultasi saya sudah menikah 6bln tapi belum hamil. dari awal saya mens sudah tidak teratur satu bulan bisa 2-3minggu saya mens kadang satu bulan tidak mens terus mens selama 2bln dan dulu saya juga sempat priksa soalnya setelah mens panjang keputihan.ku berlebhan sampai berwarna kehijauan saya priksa kandungan saya baik tidak ada masalah hanya hormon yang tidak setabil, tapi semenjak menikah udah gak pernah keputihan lagi. apakah mens saya berpengaruh dalam proses pembuahan ? dan saya suka makanan pedah apa juga mempengaruhi ? ini saya lagi promil minum susu prenagen esensis + folavit / ever-e aman ?

     

    Selamat siang Silvy Abdullah,

    terimakasih atas pertanyaan Anda di alodokter.com.

    Kehamilan terjadi jika sel sperma bertemu dengan sel telur matang yang berada di dalam rahim. Kemungkinan kehamilan lebih besar terjadi bila wanita berada dalam masa subur. Penting untuk mengetahui istilah-istilah dibawah ini:

    • siklus menstruasi: siklus dari hari pertama menstruasi sampai menstruasi yang berikutnya datang (normalnya 21-35 hari)
    • lama siklus menstruasi 3-5 hari (hari pertama menstruasi sampai menstruasi selesai)
    • banyaknya darah kira-kira 2-6x ganti pembalut perharinya.

     

    Masa subur adalah masa dimana terjadinya ovulasi (sel telur matang dilepaskan dari indung telur ke rahim). Ovulasi ini terjadi sekitar hari ke 12-14 dari hari pertama haid terakhir. Sehingga masa subur kira-kira di hari 10-17 siklus menstruasi. Tetapi tentunya dapat berbeda-beda pada setiap orang, dikarenakan siklus haid yang berbeda-beda juga pada setiap orang.

    Berikut cara menghitung masa subur jika rentang siklus haid diluar 21-35 hari, antara lain (pantau siklus menstruasi minimal 8 bulan untuk mencari rata-rata siklus):

    • Pada siklus terpendek Anda, misal: 28 hari. Kurangi dengan 18. Hasilnya: 10. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.
    • Siklus terpanjang Anda, misal: 31 hari. Kurangi dengan 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur. Jadi, apabila rata-rata siklus haid anda adalah 28-31 hari, maka masa subur anda berada pada hari ke 10-20 dari hari pertama haid terakhir.


    Berikut adalah cara-cara agar cepat hamil:

    • melakukan hubungan seksual di masa subur
    • untuk mendapatkan kualitas sperma yang baik lebih baik tidak melakukan hubungan seksual setiap hari, kira-kira 3 hari setelah ejakulasi yang terakhir agar kualitas sperma baik
    • olahraga teratur 3-5x seminggu selama 30 menit
    • makan makanan bergizi
    • jaga berat badan ideal
    • istirahat cukup
    • hindari stress

     

    Faktor faktor yang dapat menghambat kehamilan diantaranya:

    • 1. Usia: Penurunan kesuburan wanita menurun secara signifikan pada usia 30-an akhir.
    • 2. Merokok: kebiasaan ini dapat menyebabkan gangguan pada serviks dan tabung saluran indung telur, sekaligus meningkatkan risiko keguguran dan kehamilan ektopik.
    • 3. Berat badan: proses ovulasi dengan normal dapat terhambat ketika seorang wanita memiliki berat badan berlebih atau kurang secara signifikan.
    • 4. Alkohol: konsumsi alkohol yang berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan ovulasi atau endometriosis.



    Adapun penyebab yang dapat menghambat terjadinya kehamilan yaitu:

    • 1. Gangguan pada sel sprema laki-laki, baik gangguan dalam proses produksi, jumlah sel sprema yang sedikit ataupun pergerakan sel sperma yang tidaj baik.
    • 2. Gangguan ovulasi pada wanita: Ovulasi merupakan pelepasan sel ke dalam rahim saat sel telur tersebut sudah matang. Penyebab gangguan ini diantaranya yaitu gangguan tiroid, sindrom ovari polikistik, dan kegagalan ovarium prematur.
    • 3. Kerusakan pada saluran indung telur yang dapat disebabkan oleh penyakit radang panggul, riwayat operasi pada panggul atau rongga pinggul dan tuberkulosis pada panggul.
    • 4. Efek samping obat obatan: obat obat antiinflamasi (aspirin, ibuprofen), obat antipsikotik, spironolakton, obat kemoterapi)


    Makanan pedas tidak mempengaruhi kesuburan seseorang. Dan apabila seseorang ingin hamil, pastikan kebutuhan makro dan mikro nutrien tercukupi, makan makanan bergizi dan seimbang dengan kombinasi sayur, buah, sumber protein, sumber karbohidrat, dll. Untuk pemenuhan zat gizi dapat juga dengan suplemen, misalnya dengan susu yang Anda konsumsi sekarang. Bila dengan cara-cara diatas Anda dan pasangan tidak kunjung hamil, sebaiknya pergi ke dokter spesialis kandungan bersama pasangan Anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti USG dan tes sperma (bila diperlukan) agar dapat diketahui penyebabnya dan dapat dilakukan terapi dengan tepat.

     

    Semoga membantu,

    dr. Natasha