Tanya Dokter

  • Pusing, mual dan kram perut saat menggunakan KB

  •  riny 12
    Anggota

    soalnya sy sering pusing mual kram perut ada bercak darah apakah itu tanda2 hamil dok,,,,

    Hallo Riny,

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter,

    Sebelumnya Kontrasepsi apa yang anda gunakan saat ini?

    Obat pil KB? atau obat suntik KB 1 atau 3 bulan?

    Karena anda tidak mencantumkan, disini kita akan bahas dari ketiga yang paling umum digunakan. Pil Kb merupakan salah satu obat yang  mencegah kehamilan. Namun yang perlu di perhatikan disini pil KB harus rutin dan jika anda terlewat ada kemungkinan dapat hamil walaupun kecil. Pil Kb juga memiliki efek samping ringan seperti mual, sakit kepala, keluar darah tiba-tiba di luar masa haid, meningkatkan berat badan.

    Sedangkan untik Kb 1 bulan, suntikan KB bulanan ini efektif menunda kehamilan hingga 99%. Efek samping suntik 1 bulan biasanya kembalinya kesuburan akan lama, ada potensi keluar flek-flek diluar siklus menstruasi atau menstruasi tidak lancar hingga sama sekali tidak menstruasi, beberapa mengalami sakit kepala, nyeri payudarah dan kenaikan berat badan. Sedangkan suntikan 3 bulan memiliki efek sakit kepala, kenaikan BB, nyeri payudara, perdarahan atau flek-flek diluar siklus menstruasi, menstruasi tidak teratur, waktu kesuburan lama setelah berhentik suntik kb.

    Melihat di atas gejala mual, pusing, flek-flek dapat juga disebabkan karena efek ringan dari anda menggunakan alat kontrasepsi. Sebaiknya anda mengecek apakah ada keterlambatan menstruasi. Jika terlambat menstruasi anda dapat mengecek melaui test pack apakah positif atau negatif. Karena anda sedang menggunakan KB keterlambatan menstruasi juga dapat disebabkan karena adanya efek dari menggunakan Kb. Disarankan anda menghentikan Kb jika mengharapkan kehamilan. Lakukan test pack kehamilan untuk memastikan kehamilan atau memeriksakan diri secara langsung pada dokter spesialis kandungan untuk di lakukan pemeriksaan dan pemeriksaan penujang seperti USG.

    Anda dapat membaca artikel terkait tanda-tanda hamil, Efek KB Pil,  KB Suntik.

    Semoga membantu dan bermanfaat,

    dr. Uswatun