Tanya Dokter

  • Dampak hubungan intim saat haid

  •  ahyunda
    Anggota

    selamat siang dok, saya mau nanya saya berhubungan sama suami saya dalam keadaan haid tapi pada saat itu saya kira saya sudah selesai haid tapi ternyata selesai berhubungan masih ada darah dan saat itu saya berfikir kalau saya masih dalam keadaan haid, yang mau saya tanyakan apa bener kalau terkenal penyakit pada saat berhubungan dalam keadaan haid itu sangat besar kemungkinannya? atau kah cuman yang sering melakukan nya yang bakal terkena penyakit ? soalnya dok saya dan suami takut dan untuk petama kalinya kami melakukan itu dalam keadaan saya haid. suami saya juga takut jika sesuatu akan terjadi kepada kami? tolong bantuannya dok...makasih

    Dear Ahyunda,

    Berhubungan seksual ketika menstruasi sedang berlangsung relatif aman dilakukan asalkan tidak ada penyakit yang sedang diderita. Bila tidak ada luka di vagina, penyakit menular seksual, gangguan sistem reproduksi lain, hubungan seks saat menstruasi bisa dilakukan. Saat menstruasi, darah menstruasi dikeluarkan. Darah ini juga merupakan medium yang baik untuk perkembangbiakan bakteri.

    Jika hubungan seks dilakukan dengan kurang menjaga kebersihannya, kemungkinan terjadinya infeksi semakin tinggi. Jadi sebaiknya tunda dahulu hubungan seks hingga menstruasi selesai. Jika Anda dan suami belum merencanakan untuk mempunyai keturunan, maka dianjurkan untuk memakai alat kontrasepsi yang sesuai.

    Hubungan intim memang memiliki risiko menimbulkan iritasi vagina dan saluran kemih sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi saluran kemih. Risiko ini semakin meningkat apabila hubungan seks dilakukan saat sedang menstruasi. Darah menstruasi adalah medium yang baik bagi perkembangbiakan kuman penyebab infeksi. Hubungan intim yang terlalu sering pun dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Rony