Tanya Dokter

  • Penyebab telapak tangan basah dan berkeringat

  •  IkmaaYantii
    Anggota
    Assalamuaikum, selamat sore dok, saya mau bertanya jika telapak tangan terkadang suka basah dengan sendiri nya itu kenapa ya dok, awal bayi saya punya penyakit tbc kelenjar, sempat di operasi dan melakulan checkup rutin dan minum obat rutin selama 9 bulan dan sudah sembuh sekarang, apakah telapak tangan saya itu tanda2 penyakit nya muncul lagi atau gimana dok?

    Halo IkmaaYantii........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa Telapak tangan yang sering basa atau berkeringat dalam dunia medis disebut sebagai hiperhidrosis. Sekedar informasi untuk Anda, keringat sendiri merupakan suatu mekanisme tubuh untuk mengatur suhu tubuh.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu keringat berlebihan, diantaranya adalah : masalah atau gangguan sistem saraf pada hiperhidrosis primer, kehamilan, menopause, pengkonsumsian alkohol berlebihan, gangguan pada kelenjar tiroid, stroke, diabetes, Tuberkulosis atau TBC, Limfoma, Leukimia, gangguan kesehatan pada jantung, stress dan masalah psikologis lainnya, efek samping obat - obatan tertentu yang memicu hal ini.

    Cobalah atasi keadaan berikut ini terlebih dahulu dengan cara :

    • Hindari pemicu yang bisa membuat Telapak tangan berkeringat lebih banyak, contohnya makanan pedas atau kepanasan.
    • Mengoleskan Salep yang mengandung 20% alumunium chloride hexahydrate guna mencegah Pori - Pori keringat terbuka.

     

    Jika cara - cara diatas tidak dapat mengatasi kondisi yang Anda alami, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang menimbulkan hal ini.

    Penanganan yang biasanya dilakukan oleh dokter adalah dengan metode iontophoresis, yaitu dengan menggunakan stimulasi listrik. Dan apabila juga tidak berhasil, maka dokter biasanya akan merekomendasikan tindakan operasi.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    HIPERHIDROSIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati