Tanya Dokter

  • Pendarahan saat berhubungan intim, berbahaya kah ?

  • Assalamualaikum dok, . Hari senin sore saya suci dari haid .. malamnya saya berhubungan intim dgn suami saya,. Paginya saya mengeluarkan darah lagi dok ,.. yg saya tanyakan ,. Itu darah berbahaya apa tidak ya dok ,. Mohon penjelasannya ,. Wassalamualaikum wr wb.

    Dok mohon dibls .. saya takut kalo itu darah menstruasi dok ..

    Dok tolong dibalas

    Hai Ainy, Perdarahan vagina yang terjadi usai berhubungan intim seperti yang Anda alami pada dasarnya dapat diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab berikut ini:

    Berbahaya atau tidaknya kondisi yang Anda alami tentunya akan sangat tergantung pada penyebabnya. Bila keluhan hanya terjadi kali ini saja maka kemungkinan hal ini disebabkan oleh kondisi yang tidak serius, sehingga Anda tidak perlu terlalu kuatir. Namun jika keluhan terus berulang maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dapat ditelusuri penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda. Berikut ini anjuran yang dapat dilakukan:
    • Lakukan foreplay/pemanasan yang cukup saat berhubungan intim
    • Bila vagina terasa kering dapat menggunakan lubricant/pelumas yang berbahan dasar air
    • Komunikasikan dengan pasangan mengenai posisi yang nyaman dan tidak nyaman saat berhubungan seksual
    • Tunda melakukan hubungan seksual jika perdarahan masih terjadi
    Artikel yang dapat Anda baca: Vagina berdarah setelah berhubungan seksual Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    Terima kasih dok atas jawabannya...

    Ainy Hikarime Watashi  Mamahnya Fahri
    Anggota

    Ass. Dok sy mau tanya sy kb 5 tahun suntik 3 bln. Trus setahun lalu sy brenti kb slma kb sy tidak pernah dtng Bulan. Tpi sebulan lebih yg llu sy bru dtng mens kdang ada kadang gk ada.. Tpi klu habis berhubungan sy pipis itu sering keluar. Bhkan kdang banyak kdang sedikit.. Apa itu ber bahaya udah sebulan lbih soal y. Dok mohon di bales y