Tanya Dokter

  • Apa asma tidak bisa disembuhkan?

  • Dok, saya ingin bertanya. Saya penderita asma sejak kelas 3SD sampai sekarang kuliah memasuki smester 5. Apakah asma tidak bisa disembuhkan? Saya rasakan setiap beberapa bulan sekali saya pasti sakit dan harus bolak balik dokter karna asma saya. Tapi setelah 1 bulan berobat asma saya mulai berkurang. Dan beberapa bulan saya jarang menggunakan inheler saya. Tp kejadian ini berulang ulang. Apa saya termasuk ketergatungan dengan obat dok? Kalau iya, gimana caranya agar saya tidak ketergantungan lagi. Terima kasih?

    Hai, Asma merupakan peradangan pada saluran pernafasan (bronkus) akibat reaksi hipersensitivitas/alergi. Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan asma, pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk mengendalikan asma dalam jangka panjang. Pengobatan asma meliputi penggunaan obat-obatan bronkodilator dan kortikosteroid baik dalam bentuk inhaler maupun tablet. Penggunaan obat-obatan ini perlu dilakukan sesuai dengan petunjuk Dokter. Istilah ketergantungan sebenarnya tidak tepat, karena obat asma tidak menimbulkan ketergantungan/adiksi. Gejala asma yang kembali muncul saat obat asma dihentikan merupakan gejala dari penyakit asma yang mendasari. Penggunaan obat asma bertujuan untuk mengendalikan gejala-gejala tersebut dalam jangka panjang. Baca diskusi dengan topik yang serupa pada laman berikut:

    Beberapa anjuran yang dapat Anda lakukan:
    1. Kenali alergen yang dapat memicu serangan asma (debu, serbuk sari, bulu hewan, udara dingin, asap rokok dll)
    2. Hindari alergen-alergen tersebut
    3. Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya
    4. Konsumsi obat sesuai anjuran Dokter
    5. Mengenali serangan asma dan melakukan pengobatan secepatnya
    6. Melakukan vaksinasi influenza dan pneumonia untuk mencegah komplikasi akibat serangan asma
    7. Istirahat cukup dan tidur yang cukup
    8. Kelola stres
    Penanganan asma merupakan pengobatan jangka panjang, disarankan agar Anda melakukan kontrol secara rutin ke Dokter untuk merencanakan penanganan asma yang sesuai bagi Anda. Setiap perubahan/perkembangan yang terjadi akan memerlukan penyesuaian dalam penanganan asma yang telah dibuat. Dengan penanganan yang baik dan pencegahan paparan alergen secara kontinu maka penyakit asma akan relatif dapat terkontrol dengan baik. Penjelasan selengkapnya mengenai asma dapat dibaca pada laman berikut: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman