Tanya Dokter

  • Demam naik turun dan timbul bentol merah pada wajah, tidak gatal

  • Dok saya demam selama 5 hari ini. Tapi ketika setiap bangun tidur demam turun, beberapa jam demam naik lagi. Kemudian kepala saya selalu pusing. Pada hari ke lima timbul tanda merah seperti bentol pada wajah saya yg jumlahnya banyak tanpa rasa gatal . saya sudah berobat dan diberi antibiotik, obat demam, dan nyeri. Sekarang obatnya habis. bagaimana ya dok, saya sakit apa?

    Hai Tahta, Terima kasih atas pertanyaannya. Keluhan berupa demam 5 hari, kemudian muncul ruam kulit berupa bentol kemerahan yang tidak gatal berjumlah banyak pada wajah, dapat disebabkan oleh satu masalah kesehatan atau beberapa masalah kesehatan sekaligus, untuk memastikannya, diperlukan anamnesis (tanya jawab dokter-pasien), pemeriksaan fisik, serta bila perlu pemeriksaan penunjang seperti tes darah, tes alergi. Setelah diketahui diagnosis penyakit maka dapat diberi penanganan yang sesuai. Berikut beberapa kemungkinan yang terjadi:

    Alangkah baiknya saat ini Kamu kontrol ke Dokter, bila perlu lakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah. Hentikan pemakaian obat tertentu apabila sejak mengonsumsi obat tersebut menjadi timbul bentol kemerahan pada wajah (alergi obat), banyak minum, tingkatkan asupan buah dan sayur, istirahat yang cukup. Sekian semoga bermanfaat, dr.Annes