Tanya Dokter

  • Pandangan mata semakin menyempit

  •  abdul gofur
    Anggota

    dok, saya kemarin berobat ke rs.mata dok saya hidup saya seprti tak berdaya sewaktu saya periksa dokternya mngatakan kalo mata kiri saya sudah hrus di operasi karena pandangannya makin menyempit, mata kanan saya sudah terlambat di tangani sudah 0,00 kata dokter saya suruh ngejalani scan saraf mata dan priksa lapang pandang untuk Mata Os Kiri

    dan memang hasilnya sama seperti apa yg saya rasakan pandangan tepi saya hilang.. tapi kenapa ya dok, mata kanan saya nggak di lakuin scan saraf mata, padahal mata kanan saya juga kan mau di operasi ?

    Hai, Mengenai "scan saraf mata" yang Anda sebutkan, apa yang Anda maksudkan? Apakah berarti pemeriksaan funduskopi? (penjelasan di bawah) Atau CT-Scan/MRI? Atau hal yang lain? Penyakit glaukoma merupakan salah satu penyebab kebutaan lazim baik di seluruh dunia maupun di Indonesia. Penyakit ini menyebabkan kerusakan saraf penglihatan secara perlahan, dan tergantung jenisnya, ada yang bergejala, ada juga yang kurang bergejala. Pemeriksaan untuk mengetahui ada/tidaknya kondisi glaukoma meliputi:

    • Pemeriksaan mata dari sisi luar
    • Pemeriksaan funduskopi (yaitu Dokter menggunakan alat sebesar batang pensil, lalu "mengintip" ke dalam mata Anda). Pemeriksaan ini kini telah ada yang sudah otomatis, sehingga pasien cukup meletakkan kepala di atas meja komputer periksa, dan mesin akan otomatis memfoto bagian dalam mata Anda.
    • Pemeriksaan tekanan bola mata. Secara manual, Dokter akan menempelkan suatu alat mirip timbangan neraca ke mata Anda (dalam kondisi mata Anda telah dibius dengan obat tetes). Secara otomatis, ada suatu alat yang akan "menghembus" udara secara cepat ke mata Anda.
    • Pemeriksaan lapang pandang, baik secara manual maupun otomatis menggunakan komputer.
    • Dan tergantung kondisi penyakit yang Anda derita, masih banyak lagi pemeriksaan yang dapat dikerjakan.
    Adapun mengenai mata Anda yang tidak dilakukan pemeriksaan tersebut, terdapat berbagai kemungkinan, seperti:
    1. Mata Anda tidak dapat dilakukan pemeriksaan funduskopi (pemeriksaan bagian dalam mata) oleh sebab adanya penghalang seperti katarak, kelainan lensa mata, dll.
    2. Terdapat kontraindikasi pemeriksaan penunjang (larangan untuk diperiksa), misalnya infeksi berat bola mata, kasus cedera kepala berat, dll
    3. Kesalahpahaman antara Dokter pemeriksa dan pasien, sebab umumnya pemeriksaan mata selalu dilakukan pada sisi kiri dan sisi kanan, kecuali keadaan tidak memungkinkan, misalnya bola mata sisi sebelah tidak ada, tertutup benjolan, dll.
    Namun, untuk mengetahui lebih jelas alasan dari mata kanan Anda yang tidak diperiksa, kami menganjurkan Anda untuk membicarakannya pada Dokter yang menangani Anda agar tidak terjadi kesalahpahaman. Kami juga mengharapkan hasil yang terbaik dari operasi mata Anda. Apabila masih ada hal yang kurang jelas, atau ada hal yang masih ingin Anda tanyakan, Anda dapat menghubungi kami kembali melalui forum ini. Kami akan dengan senang hati membantu Anda. Sekian, semoga membantu. dr. Radius Kusuma