Tanya Dokter

  • saya sebenarnya sakit apa?

  • Dokter maaf saya mau tanya .saya udh rontgen katanya ada batu.saya coba usg ke ahli urologi... engga ada batu hasilnya bagus ginjal dan saluran kemih Tapi kenapa ketika kantong kemih saya terisi walaupun hanya sedikit selalu ingin buang air kecil...sebenarnya saya mengidap penyakit apa? jadi bingung Apakah oad. Atau apa Waktu saya trakhir test urin. Semua normal kecuali lekosit menunjukan trace -/+ Kalau itu kan teemasuk normal Apa yang saya harus lakukan doktee Saya udh ngabisin uang kesna kemari tapi hasilnya ga bisa menemukan penyakit saya jadi saya harus gmn?

    Halo Dewi,   Keluhan seringnya BAK yang Anda rasakan bisa disebabkan karena kondisi seperti :

    1. Infeksi saluran kemih = merupakan penyebab tersering dari keluhan sering BAK yang biasanya diserati nyeri, demam dan rasa menggigil setiap BAK.
    2. Kelemahan otot panggul
    3. Hipersensitifitas otot kandung kemih
    4. Gangguan saraf parasimpatis pada kandung kemih
    5. Cedera pada kandung kemih
    6. Diabetes
    7. dll.
    Untuk mengurangi keluhan seringnya BAK yang Anda alami, Anda bisa mencoba beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, namun tentunya dengan memastikan bahwa Anda tidak mengalami infeksi saluran kemih terlebih dahulu. Cara yang bisa Anda coba lakukan adalah :
    1. Latihan kegel = latihan mengencangkan otot panggul dengan melakukan gerakan seperti menahan pipis bisa membantu memperkuat otot dasar panggul dan mencegah Anda mengalami keluhan sering BAK.
    2. Menahan pipis sementara waktu. = latihan ini mungkin membuat Anda tidak nyaman pada awalnya. Lakukan gerakan menahan pipis saat keinginan BAK itu datang. Cobalah tahan 15 menit, Anda bisa melakukan aktivitas lain agar konsentrasi Anda tidak terfokus pada keinginan BaK Anda. Namun hindari menahan pipis terlalu lama (> 30 menit) karena ditakutkan terjadinya infeksi.
    3. Minumlah air putih sedikit demi sedikit, hindari meminum air sekaligus banyak yang justru akan menrangsang keinginan untuk pipis.
    4. Hindari minum kopi, teh, alkohol, soda dll yang merangsang ingin pipis.
    5. Hindari makanan dan minuman yang manis atau mengandung kadar gula tinggi seperti sirup, gula dll.
    Jika dengan cara diatas kondisi Anda tidak mengalami perbaikan maka sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter ahli urologi tersebut. Sampaikan keluhan Anda secara detil sehingga dokter bisa memberikan pemeriksaan dan tes medis lai yang diperlukan untuk memberikan diagnosa kepada Anda secara tepat. Dengan mengetahui penyebabnya melalui pemeriksaan fisik secara langsung maka pengobatan sesuai bisa diberikan dan menghilangkan keluhan yang mengganggu Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi