Tanya Dokter

  • kemungkinan terkena cacar untuk kedua kalinya

  •  Lilakalila
    Anggota
    Selamat malam dokter. Saat kelas 3 SD dulu saya pernah terkena cacar air. Kemudian saat ini umur saya 22 tahun dan tinggal satu kamar kos dengan teman saya. Dia sedang terkena cacar air, dan kondisinya cukup parah. Saya membantunya mengolesi bedak dan salep, dan hampir 24 jam saya tinggal dengannya di kamar. Apakah saya bisa tertular cacar air? Saya takut, meski katanya jika sudah pernah dulu, tidak akan terkena lagi. Tks dokter
    Lilakalila  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Lilakalila,

    Cacar air disebabkan karena infeksi virus varicella zoster. Seseorang yang sudah pernah mengalami cacar air, maka tubuhnya sudah membentuk antibodi terhadap virus tersebut sehingga tidak akan terjadi infeksi cacar air ulang. Dengan begitu saat ini Anda tidak perlu khawatir ya.

    Namun demikian pada beberapa literatur menunjukkan bahwa pada orang dengan daya tahan tubuh menurun misalnya HIV AIDS dan orang yang dalam terapi imunosupresi, maka ada kemungkinan bisa mengalami infeksi ulang cacar air.

    Selain itu meskipun sudah sembuh, sebenarnya virus tersebut tidak mati ya (virus tidak seperti bakteri yang bisa mati), tetapi virusnya menjadi tidak aktif dan "bersembunyi" dalam jaringan saraf selama bertahun-tahun. Ketika daya tahan tubuh sedang menurun, maka virus tersebut bisa kembali aktif, tetapi bukan dalam bentuk cacar air ya. Reaktivasi virus akan menimbulkan gejala herpes zoster, yaitu bintil berair / seperti lepuhan yang terasa panas dan nyeri di salah satu sisi tubuh.

    Untuk saat ini, usahakan agar teman Anda memakai masker, buka seluruh jendela dan pintu saat siang hari, selalu cuci tangan setelah membantu memakaian obat, dan konsumsi makanan sehat dan bergizi agar daya tahan tubuh Anda tetap optimal ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Cacar air

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y