Tanya Dokter

  • Kutil kelamin masih ada walau sudah dibedah

  •  Frandy Tanz
    Anggota

    Saya mau tanya dok ? Saya sudah positif terkena kutil kelamin dan saya sudah menjalanin bedah sebanyak 6x tetapi tidak ada perubahan dan saya juga mau tahu jika selesai bedah saya boleh melakukan seks mengunakan kondom tidak dengan istri saya ?

    Terimakasih.

    Halo,   Pemastian kutil kelamin bisa dilakukan dengan kasat mata oleh dokter kulit yang memeriksa Anda. Selain itu juga bisa dilakukan pemeriksaan tes asam asetat dimana jika Anda terinfeksi kutil kelamin maka tes asam asetat akan positif. Salah satu penanganan kutil kelamin adalah dengan metode bedah seperti yang Anda lakukan. Namun penyakit ini memang mudah kambuhan karena operasi hanya mengobati kutil saja namun tidak emnghilangkan penyebab kutil yaitu HPV. Anda bisa melakukan seks dengan pasangan Anda menggunakan pengaman (kondom) jika kutil sudah tidak aktif (tidak ada kutil pada kelamin). Walaupun tidak melindungi 100 % namun penggunaan kondom akan meminimalisir kontak kulit yang terinfeksi HPV dengan pasangan Anda. Jika perlu Anda bisa menyarankan istri Anda untuk melakukan pemeriksaan HPV dan memberikan vaksinasi HPV untuk mencegah kutil dan memperkecil terjadinya resiko kanker serviks terhadap istri Anda baca topik Kutil kelamin. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Frandy Tanz  Frandy Tanz
    Anggota

    saya ingin bertanya lagi dok, untuk perobatan wanita yang memiliki kutil kelamin pada dalam organ kewanitaannya mengunakan apa ya dok ?