Tanya Dokter

  • Demam, kaku pada leher disertai pusing melayang

  •  haq.24
    Anggota
    Saya daffa ,saya merasakan sakit demam,kepala pusing, setelah berobat demam saya hilang,tetapi tulang leher saya jadi kaku susah di gerakin,dan pusing syaa seperti malayang,dan pusing nya belum ilang2 juga .saya terkena penyakit apa dok

    Terima kasih Haq.24 atas pertanyaannya di forum Alodokter, kondisi yang dialami Saudara dapat disebabkan oleh berbagai keadaan seperti:
    - meningitis
    - sinusitis
    - demam berdarah dengue
    - kondisi demam lainnya

    Meningitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada selaput otak. Keadaan ini dapat disebabkan oleh beberapa keadaan seperti infeksi bakteri, virus, jamur, dll. Keadaan ini merupakan suatu kondisi yang cukup serius dan biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki faktor risiko sebagai berikut:
    - laki-laki
    - tinggal di tempat yang sangat padat
    - berpergian ke daerah yang memiliki kasus meningitis yang tinggi seperti sub-Saharan Afrika

    Dimana pada kasus meningitis selain faktor diatas biasanya infeksi bermula dari masalah telinga atau masalah saluran pernafasan. Gejala-gejala yang timbul pada keadaan meningitis ini biasanya berupa:
    - demam tinggi
    - kaku pada leher
    - dapat terjadi kejang
    - mual muntah
    - nyeri kepala hebat
    - mudah mengantuk
    - dapat disertai gangguan kesadaran
    - dapat adanya bercak-bercak merah pada kulit

    Pada keadaan yang demikian sebaiknya Saudara dapat memastikan kondisi yang dialami saat ini dengan berkonsultasi ke dokter terkait guna dapat dilakukan pemeriksaan terkait seputar hal ini.

    Berikut terdapat artikel seputar meningitis

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra