Tanya Dokter

  • Makanan yang memicu kanker

  •  Ayu77
    Anggota
    Halo dok, saya mau tanya Apa benar kalau sayap dan ceker ayam bisa menyebabkan kanker..?? Jujur saya penyuka dua bagian ayam itu Dan saya sering makan sayap dan ceker ayam daripada bagian yang lain Saya cari" info tentang sayap dan ceker ayam yang bisa menyebabkn kanker Mohon penjelesannya dok, terima kasih

    Hallo Ayu, Terimakasih atas pertanyaannya pada Alodokter,

    Kanker adalah pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal. Kanker disebut juga sebagai tumor ganas, yaitu pertumbuhan sel yang tidak wajar hingga menyebar dan bahkan menyerang ke bagian tubuh lainnya.

    Penyebab kanker memang tidak dapat diketahui secara pasti dan merupakan perpaduan dari banyak faktor. Meski begitu, penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan dan minuman tertentu ternyata dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

    Inilah tiga makanan dan minuman utama yang diduga dapat meningkatkan risiko kanker.

    1. Daging Merah, Yang dimaksud daging merah adalah daging yang saat belum dimasak mempunyai warna merah, antara lain daging sapi dan daging kambing.Produk daging olahan, antara lain ham, sosis, dan daging asap, bukan lagi termasuk kelompok yang diduga dapat menyebabkan kanker tetapi sudah dikategorikan sebagai bahan karsinogenik. Artinya, daging olahan berada dalam kategori yang sama dengan rokok dan konsumsi alkohol berlebihan sebagai penyebab kanker. 
    2. Makanan kemasan, Dalam makanan dan minuman kemasan itu sendiri, ternyata terdapat beberapa bahan yang diperdebatkan apakah memicu kanker atau tidak. Di antaranya adalah: pemanis buatan, bahan pengawet dan sodium nitrit
    3. Minuman keras

    Tidak ada satupun obat, suplemen, atau makanan yang dapat mencegah datangnya kanker. Risiko kanker hanya dapat dikurangi dengan gaya hidup sehat tiap hari seperti:

    • Mengonsumsi dan mengolah sendiri beragam makanan yang sehat kaya serat seperti buah dan sayur setidaknya 5 porsi sehari dapat mengurangi risiko terhadap beberapa jenis kanker.
    • Perbanyak konsumsi protein dari sumber yang lebih sehat seperti ikan, kacang-kacangan, telur.
    • Batasi konsumsi makanan dan minuman yang berkadar gula tinggi, seperti kue manis dan biskuit.
    •  Berhenti merokok,
    • Membatasi konsumsi minuman keras, 
    • Melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat berbahaya

    Hingga saat ini belum terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa ceker atau kaki ayam dan sayap ayam berbahaya dan menyebabkan kanker. Sehingga konsumsi makanan ini  diperbolehkan selama dikonsumsi tidak berlebihan, ceker dan sayap dibersihkan, dimasak dan diolah dengan baik. Ceker  dan sayap harus dibersihkan hingga bersih, dimasak hingga matang dan disajikan dengan bahan bergizi lainnya yang tidak membahayakan tubuh.

    Semoga bermanfaat