Tanya Dokter

  • Sayuran mentah untuk ibu hamil

  •  purie
    Anggota

    dok sy sdg hamil 7w. 1bln ini sy tdk nafsu mkn. slama puasa ini sy pun tdk mrskan haus dan lapar. smpai BB turun 3kg. melihat nasi sy merasa kenyang sndri. jd akhir2 ini sy ganti dgn mkn sandwich buatan sndri. isian rotinya kn ada selada kriting, timun dan tomat mentah dok, amankah wkt hamil mkn sayur mentah? yg sy tau daging mentah dilarang dikonsumsi org hamil. tp sayur mentah apa juga trmasuk? pengaruhkah penurunan BB dy pd prtumbuhan janin sy dok? kalau sy susah mkn apa janin sy bs kurang gizi? oiya dok BB sy skrg 74kg dan TB 165cm apakah akan mempengaruhi resiko kelahiran nanti?

    Halo,   Pada dasarnya konsumsi makanan mentah (sayuran , daging dan jenis makanan lain) pada saat kehamilan sebaiknya dihindari. Hal ini karena makanan mentah bisa mengandung banyak bakteri, virus, parasit , pestisida, toxo dll yang kadang tidak bisa dibersihkan bahkan dengan mencuci sayuran tersebut. Namun untuk mengakalinya Anda bisa melakukan beberapa hal seperti :

    1. Konsumsi sayuran berkulit seperti timun, tomat, dll namun kupas kulitnya.
    2. Cuci bersih sayuran setelah dikupas dan segera makan begitu Anda potong, jangan biarkan terlalu lama yang bisa menyebabkan bakteri berkembang biak.
    3. Hindari konsumsi kecambah (toge, dll) / sayuran lain yang sulit untuk jaminan kebersihannya walaupun dicuci.
    Penurunan BB Anda bisa berpengaruh terhadap perkembangan janin Anda, karena Anda dan janin Anda terhubung dalam segala hal. Jika konsumsi makanan Anda kurang bergizi maka bisa jadi pertumbuhan dan perkembangan janin Anda akan terganggu, begitu juga bila ibu hamil mengalami stress yang tinggi bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan janin Anda. Baca Makanan untuk ibu hamil. Secara IMT berat badan Anda berada pada kisaran overweight, namun berat badan saja tidak bisa dijadikan salah satu tolak ukur dalam menentukan resiko kehamilan Anda. Ada hal lain seperti kekuatan kontraksi, kekuatan daya dorong ibu dan kondisi bayi serta panggul ibu yang akan menentukan resikonya. Jika berat badan Anda saat akhir persalinan sangat besar maka hal ini bisa menyebabkan persalinan menjadi sulit dikarenakan kekuatan daya dorong yang mungkin terganggu akibat faktor kelebihan berat badan. Periksakan kehamilan Anda secara rutin ke dokter kandungan untuk mengetahui kemungkinan resiko lain saat persalinan nantinya.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    purie  purie
    Anggota

    trimakasih dok jawabannya. lalu apa yg harus saya lakukan agar saya mau makan dok? apa saya harus mengganti menu makan dgn camilan bergizi lain seperti buah dan ubi ubian sudah cukup?