Tanya Dokter

  • Penyebab sesak nafas, hidung tersumbat dan perut kembung

  •  Fahri
    Anggota
    Sore dok,,dok saya udah 7bulanlebih tiap hari nafas saya nyesek berat pendek pendek gak pernah ngrasain rasanya nafas plong padahal udah ..hidung mampet tp gak pilek perut kembung tp gak sakit udah berbulan bulan berobat ke docter udah rontgen dada ekg usg rontgen muka cuma alergi sinusitis..dok knapa saya nafas berat sesek tersengal sengal hasil rongsen paru dan ekg jantung normal itu saya sakit apa..knapa saya udah berkali kali berobat dan 3kali masuk IGD sampi sekarang penyakit saya gak di temukan..padahal tiap hari minum obat sedangkan sakit saya gak di temukan ..padahal saya tiap hari minum obat maag dan obat jantung tp rasa sesek nafas berat perut kembung hidung mampet gak ada perubahaan sama sekali..dok apakah ada Kaitnya sesek nafas hidung mampet dan perut kembung besar,,kalau saya stress kok tiap hari bahkan berbulan bulan..dok maaf mohon p penjelasanya

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Sesak napas dapat diakibatkan oleh berbagai kondisi diantaranya oleh gangguan pada saluran pernapasan dan paru, gangguan pada jantung, anemia, gangguan pada ginjal, penyakit asam lambung, dan juga dapat diakibatkan oleh serangan panik. Jika semua hasil pemeriksaan normal dan tidak ada kelainan, maka sesak napas yang Anda rasakan dapat diakibatkan oleh serangan panik.  Serangan panik ini ditandai dengan sesak napas dan nyeri dada hebat mirip dengan serangan jantung, yang biasanya muncul secara tiba-tiba atau dalam kondisi yang mengancam. Sesak napas juga daat diakibatkan oleh adanya sumbatan pada saluran napas atas, misalnya akibat hidung tersumbat atau akibat sinusitis. Penyebab lain sesak napas adalah : 

    1. Pneumonia

    2. Anemia

    3. Asma

    4. Gagal jantung

    Anda sebaiknya tetap memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab keluhan Anda. Beberapa anjuran untuk Anda : 

    1. Kelola stres dengan baik

    2. Anda dapat melakukan teknik relaksasi seperti yoga

    3. Istirahat yang cukup dan teratur

    4. Hindari rokok dan alkohol

    Semoga bermanfaat

    Salam, 

    dr.Angga