Tanya Dokter

  • Penyebab perut terasa kencang saat hamil tua

  • Dok. Kenapa perut saya sering terasa kencang keras yaa sekarang ini tapi gerakan janin sangat aktif saya sedang hamil hampir 36w...terimakasih dokter sebelumnya..

    Tantri Prayoga  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Tantri, Memasuki usia kehamilan 36 minggu, berarti memasuki minggu-minggu akhir kehamilan, dan bahkan hanya kurang 1 minggu lagi untuk mencapai yang disebut 'cukup bulan' artinya bayi sudah siap dilahirkan. Pada saat ini, kontraksi-kontraksi palsu yang disebut sebagai kontraksi braxton-hicks. Ia bukanlah kontraksi yang sebenarnya, tetapi normal didapatkan pada dinggu-minggu akhir kehamilan, selain itu, biasanya kepala janin mulai turun masuk ke dalam panggul, sehingga dapat pula disertai rasa tidak nyaman di perut bagian bawah. Hal-hal tersebut masih dalam batas normal, apalagi jika gerak janin sangat aktif ,menandakan kondisi janin masih baik. demikian, semoga bermanfaat.

    Tantri Prayoga  Tantri Prayoga
    Anggota

    Dok. Kenapa hasil USG saya berbeda-beda HPL nya... Soalnya saya lupa HPHT saya.. Sejak 3bulan saya USG sampai usia 8bulan kira-kira yg akurat itu HPL saat trisemester awal/terakir dok...

    Tantri Prayoga  Tantri Prayoga
    Anggota

    Dok mohon jawabanya...

    Tantri Prayoga  dr. Rico N
    Dokter

    Jika didapatkan hasil HPL yang berbeda-beda, terutama jika USG dilakukan pada trimester yang berbeda, dapat merupakan hal yang normal. Karena keakuratan USG dalam menentukan HPL akan makin berkurang seiring dengan semakin tuanya usia kehamilan. Umumnya HPL yang lebih dapat dipercaya adalah HPL pada awal kehamilan, khususnya 12 minggu pertama, dimana angka kesalahannya kurang dari 1 minggu. Pada USG menjelang akhir kehamilan, angka kesalahan penghitungan HPL dapat mencapai 3 minggu, karena pengukuran kepala yang biasanya sudah tidak akurat lagi (karena kepala mulai masuk ke dalam panggul). demikian, smeoga bermanfaat.

    Tantri Prayoga  dr. Rico N
    Dokter

    berikut artikel yang juga dapat membantu: tanda-tanda melahirkan sudah dekat

    Tantri Prayoga  Tantri Prayoga
    Anggota

    Dokter bagaimana cara untuk bisa melahirkan dengan normal dan lancar dok... Dan supaya bayi cepat masuk rongga panggul...

    Tantri Prayoga  Tantri Prayoga
    Anggota

    Dok mohon infonya...

    Tantri Prayoga  dr. Rico N
    Dokter

    anda dapat mendapatkan banyak informasi dari tautan-tautan berikut: hamil 8 bulan hamil 9 bulan (dibahas per minggu) bekal persiapan melahirkan sepanjang tidak ada penyulit dalam kehamilan (tanyakan pada dokter kandungan anda) tentunya anda dapat melahirkan dengan normal. Jika anda belum pernah, sebaiknya ikutilah kelas senam hamil, karena disana anda akan banyak diberikan tips dan akan membuat anda 'terbiasa' dan tahu apa yang anda harus lakukan saat tiba saatnya nanti (terutama cara mengejan yang benar).

    Tantri Prayoga  dr. Rico N
    Dokter

    Bayi sebenarnya  akan memasuki rongga panggul dengan sendirinya (mencari posisi sendiri).  Sebetulnya anda tinggallah menunggu saja. Tetapi berolahraga ringan, senam hamil, dan sikap bersujud dengan dada menyentuh lantai (seperti mengepel) mungkin dapat membantu. Hal-hal seperti ini umumnya diajarkan di kelas senam hamil.

    Tantri Prayoga  Tantri Prayoga
    Anggota

    Dok apa sih yg membuat janin masih belum mapan posisi kepalanya dibawah, saya suddah sering melakukan sujut dan bergerak, letak kepala memang dibawah tapi setiap pemeriksaan masih miring sekitar 7cm dr jalan lahirnya dok, apa masih bs saya melahirkan normal dok, dan bgmana supaya bayi saya bs mapan posisinya,

    Tantri Prayoga  Tantri Prayoga
    Anggota

    Dokter mohon jawabannya, terimakasih sebelumnya dokter...

    Tantri Prayoga  dr. Rico N
    Dokter

    kepala janin akan mapan begitu kepalanya  masuk ke dalam panggul. Umumnya kepala akan masuk panggul saat usia memasuki 34-36 minggu, dapat juga sedikit lebih awal atau seditik lebih terlambat. pada dasarnya kapan kepala masuk panggul tergantung dari / terserah pada bayi anda yakni ia akan masuk panggul begitu siap masuk (sepanjang penyebab tidak masuknya bukan karena penyebab-penyebab yang saya uraikan di bawah). Pada wanita yang sudah pernah melahirkan, masuknya kepala janin dapat sedikit lebih lama, bahkan tidak sedikit yang beru masuk pada saat menjelang persalinan akibat dorongan kontraksi rahim. Jika anda baru pertama kali hamil dan pada usia kehamilan 36 minggu kepala belum masuk panggul, sebenarnya merupakan indikasi untuk melakukan pemeriksaan dalam (colok vagina), tujuannya untuk melihat apakah ada suatu kelainan yang menggganggu turunnya kepala. Beberapa penyebab kepala belum masuk panggul padahal sudah berusia 36 minggu atau lebih :

    • kesalahan penghitungan usia kehamilan (terutama pada ibu yang lupa HPHT dan USG pertama dilakukan baru pada trimester 2 atau 3)
    • kesempitan panggul ataupun kelainan bentuk panggul ibu
    • disproporsi kepala dengan jalan lahir, misal bayi terlalu besar meski jalan lahir normal (disebut juga CPD / cephalopelvic disproportion)
    • Lilitan tali pusat
    • Adanya massa / tumor yang mengganggu jalan lahir
    • posisi kepala occiput posterior / posisi belakang kepala janin berhadapan dengan tulang belakang ibu
    Sebaiknya pada bulan-bulan ini anda melakukan kontrol seminggu sekali / sesuai petunjuk dokter kandungan anda. meski belum masuk panggul, jika tidak ditemukan kelainan-kelainan seperti diatas umumnya kelahiran spontan/normal dapat dilakukan. Akan tetapi jika penyebabnya adalah hal-hal tersebut diatas, ada kemungkinan dilakukannya intervensi (misal bedah caesar), terutama untuk kasus poin ke 2,3, dan 5.  

    Tantri Prayoga  Tantri Prayoga
    Anggota

    Bayi saya posisinya masih miring 7cm dr jalan lahirnya dok.... Usia kandungan sdh 37week, apa yg harus saya lakukan dok krna dokter bilng bentuk rahim dan ukuran bayi normal...

    Tantri Prayoga  Kayla Athaya
    Anggota

    Dok saya mau tanya nih. Uk saya 36 wk. Ko skrang2 ini perut sering bangeet keras dan trkdang bntuk nya pun sperti benjol2 gitu. Dan terasa nyesek ke atas.. gerakan si kecil pun jadi kurang aktiv. Kira2 bahaya kah buat si kecil.. Terimakasiih..