Tanya Dokter

  • Saya sebenarnya sakit apa?

  •  Hana Li-elsa
    Anggota

    pagi dok :) saya hana umur sata 15 thn kelas 11. saya ingin tanya ke dokter bolehkan hehe :) waktu saya kelas 9 saya pnya pentakit tb nah setiap chek up darah saya diambil. udah sembuh dari penyakit tb saya mengalami gejala anemia dikira saya anemia ga berbahaya makanya saya abaikan tapi lama lama kelamaan gejala lain muncul saya juga baca di internet kalo anemia diabaikan penderita akan mengalami penyakit lemah jantung. dan yg sering saya alami itu, sesak nafas, kagetan, kalo kaget suka pengen nangis dadanya sakit, perut saya membuncit, rambut saya juga rontok, akhir" ini saya suka makan es batu saya juga sering kedinginan. nah kira kira saya kenapa yah dok? semoga dokter menjawab apa yg saya tanyakan :) terimakasih dok :)

    Halo Hana, Anemia, merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan hemoglobin dalam sel darah merah. Anemia dapat disebabkan oleh penyebab berikut:

    Seperti apa gejala anemia Anemia merupakan gejala, yang perlu diketahui penyebabnya. Untuk mengetahui penyebab dari anemia, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan serangkaian pemeriksaan penunjang seperti kadar zat besi, kadar protein pengikat besi, gambaran sel darah tepi, dan lain sebagainya. Pada keadaan anemia dengan kadar hemoglobin yang sangat rendah, dan berlangsung dalam jangka panjang, tubuh mengkompensasi dengan meningkatkan kerja jantung menjadi lebih berat. Karena itu, muncul kemungkinan terjadi gangguan pada jantung pada anemia berat yang kronis. Komplikasi anemia defisiensi besi Komplikasi anemia defisiensi asam folat dan vitamin B12 Apabila Anda mengalami keluhan sesak dan nyeri dada, perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. Apakah keluhan tersebut berhubungan atau tidak dengan anemia yang Anda alami. Rambut yang rontok dapat disebabkan antara lain oleh kurangnya nutrisi, faktor genetik dan keseimbangan hormonal. Untuk mengetahui penyebabnya, sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Keinginan untuk memakan makanan yang aneh dan tidak mempunyai nilai gizi, yang menetap lebih dari 1 bulan disebut pica. Makanan yang termasuk didalamnya adalah tanah liat dan es batu. Karena itu apabila Anda menyukai konsumsi es batu, muncul kecenderungan untuk mengalami anemia karena kekurangan zat gizi seperti besi dan asam folat. Ada baiknya Anda mengunjungi dokter, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik, serta menambahkan pemeriksaan penunjang yang sesuai. Setelah mengetahui penyebab dari keluhan yang Anda alami, dokter kemudian dapat menentukan penanganan seperti apa yang tepat untuk Anda. Untuk mencegah anemia, Anda dapat melakukan hal berikut:
    • Konsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi (daging, hati)
    • Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam askorbat (vitamin C) dapat membantu penyerapan zat besi menjadi lebih baik (misalnya makan bersamaan dengan air jeruk)
    • Menghindari konsumsi teh bersamaan dengan makanan, karena teh dapat menghambat penyerapan zat besi
    • Mengkonsumsi vitamin atau suplemen penambah darah jika perlu
    Pengobatan anemia defisiensi besi Pengobatan anemia defisiensi asam folat dan vitamin B12 Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu, dr. Agatha