Tanya Dokter

  • Apa yang sebenarnya saya derita?

  • Dok, saya sudah 2 hari nyeri di bagian perut. Saya pikir itu cuma maag, krna mmg saya belum mkn sama sekali. Trnyta setelah saya bawa makan, sakit nya gak hilang. Saya pikir kalo maag gak mngkin smpai 2 hari bgni. Tmn2 saya bilang, saya harus minum obat. Tpi obatpun ternyata gak mempan. Sakit nya pun smpai ke kaki kiri, dan saya smpai jalan pincang. Sebenarnya saya ini sakit apa dok??? Saya tidak mengerti

    Hai,   Nyeri perut merupakan salah satu gejala umum yang disebabkan penyakit / gangguan dalam organ perut Anda. Organ perut sangat beragam mulai dari saluran cerna, saluran kencing, organ reproduksi, liver, limpa, pankreas, lemak , otot dll. Untuk menentukan penyebab nyeri Anda maka pemeriksaan mengenai lokasi nyeri bisa membantu memperkecil area pemeriksaan dan kemungkinan penyebab keluhan Anda. Dimana rasa nyeri timbul? seperti apa nyerinya, apakah tajam, perih, panas, pegal, mulas, begah dll? Adakah demam atau keluhan lain yang menyertai nyeri perut ini? Apakah makan memperburuk gejala? Penyebab nyeri perut bisa dikarenakan :

    1. Gangguan saluran cerna = sakit maag, GERD, Ileus, Kolitis, Konstipasi, Radang usus buntu, Colic dll.
    2. Gangguan Liver  dan empedu = Batu empedu, Kista pada liver, Radang empedu.
    3. Gangguan saluran Kemih = infeksi ginjal, batu saluran kemih , ISK dll
    4. Gangguan organ reproduksi = kista ovarium, endometriosis, kram menstruasi dll.
    Untuk mengetahui sumber penyebab nyeri Anda maka pemeriksaan fisik dan tes medis seperti USG, CT SCAN, MRI, Endoskopi dll akan diperlukan. Pemeriksaan langsung oleh dokter akan mampu memberikan gambaran mengeani penyakit Anda secara jelas. Penanganan akan disesuaikan dengan gejala keluhan Anda. Untuk mengurangi nyeri perut Anda, Anda dapat melakukan beberapa cara seperti :
    • Banyak konsumsi air putih.
    • Makan lunak dalam porsi kecil dan sering
    • Memberikan kompres hangat pada perut yang nyeri.
    • Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
    • Hindari makanan yang merangsang perut nyeri seperti makanan berminyak, makanan pedas, makanan asam dll.
    Baca topik Sakit perut. Semoga membantu.   dr. Yusi