Tanya Dokter

  • Efektivitas USG Jantung

  • Halo dok, saya perempuan usia 25 tahun, TB 158cm dan BB 82 kg. Sudah 2 minggu belakangan saya mengalami asam lambung yang tinggi hingga menyebabkan debaran pada dada saya, susah bernafas seperti di tenggorakan ada yang mengganjal dan itu membuat saya cemas. Saya pun berobat ke dokter. Setelah dilakukan pemeriksaan dokter bilang detak nadi saya tinggi 102/menit, tensi saya 150/90 tapi saya tidak merasakan sakit kepala dan tengkuk leher tidak berat cuma merasa cemas (saya juga sedikit takut dengan rumah sakit). Saya pun di anjurkan untuk tes ecg dan hasilnya abnormal 103,102,98,100,101,103,98 (memang saya merasa panik + saat itu belum makan hingga menyebabkan asam lambung naik lagi, apalagi berhubungan dengan jantung). Setelah melihat hasilnya saya di anjurkan langsung konsultasi ke dokter spesialis jantung. Dokter Spesialis jantung langsung memeriksa kondisi saya dan langsung menyarankan untuk melakukan usg jantung. Dan hasilnya semua normal:

    Dimensi ruang jantung normal, fungsi sistolik LV baik dengan EF 68%, Global normokinetik, fungsi diastolik LV Baik, Katup Jantung Normal.

    Yang saya ingin tanyakan seberapa efektif hasil usg jantung untuk melihat apakah jantung saya baik-baik saja, karena hasil dari ecg berbeda dengan usg jantung. Deberan jantung memang sudah berkurang setelah makan obat asam lambung dari dokter (lazoprazole dan inspepsa), tetapi ketika berbaring masih sering terdengar debaran lagi (tapi tidak intens seperti sebelum berobat). Debaran itu apakah dari jantung, asam lambung, atau karena kecemasan dok? Dan saya belum berani untuk berjalan jauh karena takut sesak nafas lagi.

     

    Terima kasih dok.

    Halo,   USG jantung (Echocardiografi) adalah sebuah metode tes medis untuk memeriksa dna melihat kondisi jantung, otot jantung, katup jantung, pergerakan, kekuatan kontraksi jantung, aliran darah di jantung dll. Jadi secara ringkas, Echocardiography ini merupakan sebuah tes medis penunjang yang cukup baik untuk melihat kondisi jantung Anda. Jika dinyatakan normal maka ini berarti bahwa jantung Anda tidak mengalami gangguan kesehatan jantung yang serius. Kondisi detak jantung yang cepat dan terasa tidak nyaman disebut dengan  takikardia. Takikardia adalah sebuah kondisi medis dimana detak jantung saat sedang istirahat (santai) lebih dari 100 x per menit. Kondisi ini bisa disebabkan oleh :

    1. Stress dan kecemasan.
    2. Hipertensi
    3. gangguan otot jantung.
    4. Latihan berat.
    5. Anemia.
    6. Demam tinggi.
    7. Hipertiroid.
    8. Gangguan elektrolit.
    9. dll.
    Untuk memahami lebih lanjut kondisi  Anda maka pemeriksaan medis lanjutan bisa dilakukan. Jika kondisi Anda membaik setelah mengkonsumsi obat obatan maka ikuti anjuran dokter untuk mengkonsumsi obat dan kontrol ulang kondisi Anda. Lakukan olahraga ringan secara bertahap, patuhi jadwal makan dan hindari makanan yang bisa memicu kondisi Anda,  Perbanyak minum air putih, lakukan relaksasi, hindari konsumsi garam berlebih dan kelola stress. Semoga membantu.   dr. Yusi