Tanya Dokter

  • Menelan sperma, apakah bisa hamil ?

  •  Hanan1
    Anggota
    Dok, 4 minggu lalu saya berhubungan dengan pasangan saya, pasangan saya melakukan blowjob, dan saya orgasme saat pasangan saya sedang melakukan hal tersebut, dan sperma saya tertelan olehnya.. Pasangan saya memiliki waktu menstruasi yang tidak tentu kadang hingga 2 bulan sekali.. Selama 2 Minggu di cek dengan test pack hasilnya negatif, tapi pada Minggu ke 4 ini mual², apakah bisa dikatakan tanda² kehamilan? Terima kasih

    Halo, terima kasih telah bertanya di alodokter.com :)
    Saya akan coba bantu jelaskan ya.

    Blowjob adalah kegiatan seks oral dengan memasukkan penis pria ke dalam mulut. Bila hanya melakukan blow job tanpa terjadi penetrasi (masuknya) penis dalam vagina, maka dapat dipastikan tidak akan terjadi kehamilan. Kehamilan bisa terjadi tergantung dari kondisi hormon dan kesiapan sel telur (masa subur) saat terjadinya penetrasi / masuknya penis ke dalam vagina. Bila pasangan Anda sedang dalam masa subur, kehamilan dapat terjadi dalam 24 jam. Gejala kehamilan dibagi menjadi tanda pasti (hasil testpack / USG) dan tanda tidak pasti (telat haid, mual, muntah, perubahan payudara, flek (spotting) dsb). Dapat Anda baca pada diskusi berikut : Hamil atau Tidak?

    Mual yang pasangan Anda alami dapat disebabkan oleh banyak hal seperti keracunan makanan, mabuk perjalanan, kelelahan, terlambat makan, sakit maag (tukak lambung), penyakit asam lambung naik, gejala penyakit tifoid dan sebagainya. Selengkapnya dapat Anda baca pada diskusi berikut : Mual gejala apa?

    Untuk keterlambatan haid yang dirasakan pasangan Anda, dapat juga disebabkan oleh banyak hal seperti stress, gangguan hormonal, kurang zat gizi, kista indung telur dan sebagainya, dapat Anda baca pada diskusi berikut : Terlambat haid normalkah?

     Namun untuk lebih pasti, Anda dapat berkonsultasi pada dokter untuk memastikan kondisi Anda.  Dokter akan melakukan anamnesis (pertanyaan seputar keluhan), pemeriksaan fisik pada perut dan alat reproduksi, dan bila diperlukan pemeriksaan USG perut untuk menunjang diagnosis. Beberapa langkah yang dapat Anda dan pasangan lakukan agar selalu sehat :
    •    Melakukan seks oral yang aman
    •    Menjaga berat badan ideal , sesuai Index Massa Tubuh
    •    Berolah raga teratur, cukup gerak
    •    Makan makanan yang tinggi vitamin C, vitamin E, buah-buahan dan sayur
    •    Minum yang cukup : untuk wanita, yang dianjurkan adalah 8 gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.
    •    Mengurangi makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi
    •    Manajemen stress
    •    Tidak merokok, minum alkohol
    •    Bila tidak merencanakan kehamilan sebaiknya menggunakan pengaman seperti kondom. Selain itu kondom juga dapat mencegah penularan infeksi menular seksual.

    Semoga membantu ya, terima kasih :)
    Salam, dr. Mirra Mareta Supit