Tanya Dokter

  • Penyebab payudara gatal, mengelupas, dan kemerahan

  •  Shafiraa
    Anggota

    Salam dok, saya usia 22 th. Beberapa waktu lalu, payudara saya gatal, sampai pernah waktu itu mengelupas dan kemerahan beberapa hari, terutama waktu malam hari. Tapi, untuk sekarang sudah tidak pernah mengalami tsb, tetapi sesekali terjadi hal tersebut namun tidak separah yg dlu. Mohon info dok terkait ini dan bagaimana solusinya. Terimakasih

    Halo Shafiraa, Gatal pada payudara disertai dengan kemerahan dan kulit yang mengelupas dapat saja disebabkan oleh kondisi berikut : @ reaksi alergi @ iritasi @ infeksi jamur @ psoriasis @ inflammatory breast cancer (kanker payudara) @ dan lain-lain Mengingat kejadian ini sudah berulang dan terasa mengganggu sebaiknya diperiksakan secara langsung ke dokter agar mendapatkan kepastian medis mengenai penyebabnya dan agar dapat dilakukan tindakan maupun pengobatan jika diperlukan. Berikut panduan pemeriksaan payudara yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah : PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI Sedangkan panduan menjaga kesehatan payudara dapat dibuka pada tautan yang saya cantumkan di bawah ini : KUNCI PAYUDARA SEHAT   Salam, dr.Debby Phanggestu

    Shafiraa  Shafiraa
    Anggota

    Apakah penggunaan bra atau faktor makanan juga mempengaruhi dok? Karna ketika gatal tersebut, setelah saya ganti bra, gatal tersebut hilang. Sudah lama saya jg sudah tdk mengalami gatal tersebut, apa sewaktu-waktu bs muncul kembali? Terimakasih.

    Halo,

    Reaksi alergi dari makanan yang dikonsumsi maupun pemakaian bra dapat saja menimbulkan gatal dan ruam kemerahan. Apabila penyebabnya adalah alergi maka apabila faktor pemicunya disingkirkan dan tidak dikonsumsi/digunakan maka biasanya tidak muncul kembali. Namun tentu saja hal tersebut akan dapat muncul kembali jika terpapar alergen. Untuk mengetahui hal ini dan memastikannya dapat dilakukan tes alergi oleh dokter.

    Info lengkap :

    ALERGI

    Selain alergi, pemakaian bra dapat mencetuskan iritasi apabila bahannya tidak cocok bagi kulit Anda atau dapat juga karena ukurannya yang kurang pas sehingga menggesek kulit.

    Apakah dapat muncul kembali atau tidak tergantung dari penyebab yang mendasari keluhan gatal dan ruam yang Anda alami. Untuk memastikannya hanya dapat dilakukan melalui pemeriksaan langsung ketika sedang mengalami kondisi tersebut (gatal dan kemerahan) maka apabila kejadian yang Anda alami terulang di kemudian hari sebaiknya diperiksakan agar menjadi lebih jelas mengenai penyebabnya dan penanganan yang sebaiknya diberikan untuk mengatasinya.

     

    Salam,

    dr.Debby Phanggestu