Tanya Dokter

  • Seks

  •  Frachika
    Anggota
    Mlm. Dok Saya mau tanya, umur saya 20thn saat saya pertama kalii hub badan psangan saya pake kndom tapi anehnya kok tidak terlalu ada rasa nyeri dan tidak berdarah ya dok? Wajarkah atau knpa? Trimakasih

    Dear Frachika,

    Pada saat melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya, tidak selalu disertai dengan perdarahan. Perdarahan yang terjadi saat melakukan hubungan seksual disebabkan oleh robekan selaput dara saat penis pertama kali masuk ke vagina. Tetapi, bentuk dan elastisitas selaput dara berbeda setiap wanita, dan tidak selalu berdarah saat pertama kali berhubungan seksual.

    Kemungkinan lain yang dapat terjadi adalah bentuk selaput dara sangat elastis sehingga tidak berdarah, atau bentuknya lebar sehingga tidak robek saat penis masuk ke vagina. Dengan melakukan foreplay atau pemanasan yang cukup juga bisa membuat lendir di vagina keluar dan membuat penetrasi lebih licin dan otot vagina lebih rileks sehingga tidak menyebabkan perdarahan.

    Selaput dara juga bisa robek sebelumnya akibat riwayat trauma, efek dari olahraga ekstrim, kecelakaan, ataupun adanya kondisi medis yang mengharuskan pemeriksaan vagina.

    Foreplay yang cukup juga menyebabkan berkurangnya rasa nyeri, disamping ambang nyeri atau tingkat ketahanan terhadap nyeri seseorang berbeda antara yang satu dengan yang lain.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra