Tanya Dokter

  • Kemungkinan terjadi kehamilan

  •  Fegry Marcus
    Anggota
    Slamat pagi dok. Saya mau bertanya, teman saya itu melakukan seks pranikah! Tpi Dia blg kalau pacarnya tidak memasukan terlalu dalam. Kira* itu bisa meyebabkan kehamilan atau tidak, Dan Perawan nya akan Hilang atau tidak? Trimakasih dok

    Hai Fegry,

    Seks pra nikah di Indonesia dinilai tidak benar sesuai norma norma adat istiadat, norma sosial dan keagamaan. Hal ini dapat menimbulkan kehamilan di luar nikah, pernikahan dini, dan ketidaksiapan menjadi orangtua.

    Aktifitas seksual yang dilakukan oleh pasangan dapat menimbulkan kehamilan jika kedua belah pihak tidak memakai satupun alat kontrasepsi. Juga terutama jika ada ejakulasi di dalam vagina, dan wanita sedang dalam masa subur.

    Penetrasi atau masuknya penis ke dalam vagina baik sedikit maupun seluruhnya tetap dapat menimbulkan kehamilan. Karena, walaupun penetrasi sedikit, jika kemudian pasangan laki laki mengalami ejakulasi di vagina, maka sperma yang dikeluarkan berpotensi besar menimbulkan kehamilan.

    Keperawanan sendiri merupakan terminologi yang dipakai untuk menyatakan bahwa seorang wanita tidak pernah melakukan penetrasi dalam berhubungan seksual. Hal ini dikaitkan dengan selaput dara yang masih utuh pada wanita.

    Tentunya hal ni tidak sepenuhnya benar, karena pada beberapa kasus, selaput dara tidak robek walaupun ada penetrasi berkali kali. Begitu juga sebaliknya, tanpa ada penetrasipun, selaput dara bisa saja robek karena aktifitas tertentu.

    Oleh karena itu, kami tentu tidak dapat memastikan tentang keperawanan seseorang, khususnya teman Anda tersebut. Hal yang perlu menjadi fokus adalah apakah pasangan tersebut akan siap dengan adanya kehamilan, pernikahan, dan menjadi orang tua dalam waktu dekat.

    Silahkan baca artikel berikut:

    Selaput dara dan keperawanan

    Pernikahan dini

    Saran kami:

    • Sampaikan pada teman Anda bahwa berhubungan seksual di luar pernikahan tidaklah baik, dan ditentang oleh norma norma sosial kita
    • Anjurkan pada teman Anda untuk melakukan test urine kehamilan, jika menstruasi terlambat
    • Pastikan juga pasangan tersebut memeriksakan diri untuk mengetahui apakah terdapat penyakit menular seksual

    Semoga membantu