Tanya Dokter

  • Penyebab sering bersin

  •  nilamnh
    Anggota
    Alo dok, saya berumur 16 tahun, saya sering banget bersin. Pagi bangun tidur selalu bersin,mandi pagi selalu bersin,kalo tidur di ruang ac bangunnya bersin,minum es juga bersin,pas cuaca dingin biasanya juga bersin,terkena bau menyengat bersin (contoh sambel yg digoreng), hidung kemasukan air pas renang juga bersin, kalau renang selalu bersin,dan jika ada debu saya juga bersin. Tapi yg saya herankan, saya bersin lebih dari 10 kali perhari,lalu hidung saya rasanya risih sekali sehingga selalu saya kucek2 hidung saya. Dan yg sering itu pas bangun tidur selalu bersin. Kalau bersin harus ada suaranya keras agar lega bersinnya,karena kalau bersin pelan tidak lega dan selalu ingin bersin terus menerus. Itu membuat saya berisik sendiri dan sangat risih. Menurut dokter,saya ada alergi atau sinusitis atau gimana?

    Halo. Respons alergi banyak macamnya. Proses ini dapat menyebabkan gatal, mata berair, bersin, dan gejala serupa lainnya. Sering bersin pada pagi hari, cuaca dingin dan beberapa kondisi bisa disebabkan oleh alergi. Kondisi ini dalam dunia medis disebut juga dengan Rhinitis Alergi. Rhinitis alergi adalah keadaan dimana  alergi terhadap unsur seperti debu, serbuk sari, dan cuaca dingin. Rhinitis alergi adalah salah satu jenis rhinitis (radang membran hidung) yang muncul ketika Anda menghirup alergen. Ini adalah reaksi berlebihan tubuh dalam merespon alergen. Seringnya gejala yang terjadi adalah bersin bersin lama pada keadaan cuaca dingin. Gejala paling umum rhinitis alergi adalah:

    • Bersin dipagi hari sangat sering.
    • Pilek dan flu
    • Gatal pada hidung, mata, tenggorokan, kulit.
    • Batuk
    • Hidung tersumbat
    • Tenggorokan gatal
    • Mata berair
    • Lingkaran hitam di bawah mata

    Sementara itu sinusitis adalah peradangan pada sinus yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Namun sinusitis ini juga bisa dibarengi dengan alergi. Hal ini dinamakan dengan rhinosinusitis. Sinusitis ini terjadi karena aliran dari ingus tidak bisa mengalir dari sinus akibat pembengkakan dan peradangan rongga hidung. Apabila keadaan sudah sangat mengganggu, Anda dapat memeriksakan diri kepadadokter spesialis THT agar dilakukan pemeriksaan secaralebih lengkap dengan menggunakan alat THT. pengobatan unuk rhinitis biasanya adalah dengan memberiksan antihistamin, dekongestan dan stroid yang disemprotkan ke hidung, namun pengobatan ini tergantung dari kondisi dan gejala dari pasien. 

    Untuk mencegah kambuhnya rhinitis alergi, Anda harus menghindari alergen penyebab rhinitis alergi. Rhinitis dapat dicegah dengan menghindari pemicu yang dapat menyebabkan timbulnya gejala rhinitis, seperti menghindari lingkungan yang dingin dan berdebu banyak. Anda bisa mensiasatinya dengan menghangatkan diri dipagi hari dengan mandi air panas dan sebagainya agar tidak telalu memperparah kondisi bersin bersin. Anda juga harus meningkatkan daya tahan tubuh agar alergi tidak gampang kambuh.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S