Tanya Dokter

  • Obat untuk hepatitis B

  •  Sandi Irawan
    Anggota

    Saya cek up di lab,katanya kena penyakit hepatitis B..obat apa yg bisa saya konsumsi/obat herbal apa?

    Hai, Hepatitis B merupakan suatu kondisi peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi virus. Penularan hepatitis B terjadi melalui kontak cairan tubuh (hubungan seksual, berbagi jarum suntik, transfusi darah, penularan dari ibu ke bayi yang dikandungnya dll). Infeksi hepatitis B dibagi menjadi 2:

    1. Hepatitis B akut, yaitu infeksi yang berlangsung kurang dari 6 bulan. Pada hepatitis B akut infeksi virus akan hilang oleh kekebalan tubuh dan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan
    2. Hepatitis B kronis, yaitu infeksi yang berlangsung lebih dari 6 bulan. Saat sistem kekebalan tubuh tidak dapat mengatasi serangan virus, infeksi menjadi kronis dan dapat berlangsung seumur hidup. Hepatitis B kronis memiliki resiko untuk berkembang menjadi kondisi yang lebih serius seperti sirosis atau kanker hati.
    Pengobatan pada hepatitis B meliputi:
    • Hepatitis B akut tidak membutuhkan pengobatan yang spesifik karena infeksi akan sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang diberikan hanya ditujukan untuk mengatasi gejala yang timbul (mual, muntah, sakit kepala, demam dll). Selain itu dianjurkan untuk cukup beristirahat dan makan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam mengatasi serangan infeksi.
    • Pengobatan hepatitis B kronis bertujuan untuk menghambat produksi virus dan mencegah kerusakan pada hati. Pengobatan yang diberikan meliputi pemberian obat antiviral, interferon alfa-2b, maupun transplantasi hati.
    Hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan efektivitas obat herbal dalam mengatasi infeksi virus hepatitis B. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaaan fisik untuk menilai gejala yang timbul, serta menentukan penanganan yang tepat bagi Anda. Berikut anjuran yang dapat dilakukan:
    • Cukup tidur dan cukup istirahat
    • Makan secara teratur dengan gizi seimbang
    • Konsumsi air putih 8-10 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh
    • Untuk mencegah timbulnya mual hindari makanan yang terlalu pedas, asam, atau berlemak
    • Jika mengalami demam atau sakit kepala Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri/penurun demam yang dijual bebas seperti Paracetamol atau Ibuprofen.
    • Kelola stres secara bijak
    Penjelasan selengkapnya dapat dibaca pada laman artikel berikut ini: Hepatitis B Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman