Tanya Dokter

  • Selesai pengobatan kusta muncul bercak merah pada kulit

  •  Omangg
    Anggota
    Alodokter mau nnya niihh,,klo udh selesai minum obat mdt kusta,,udh brsih sihh,,tapi tiba" muncul brcak merah bulat besar" lagi dok? Sma brcak itu bisa hilang dan apa saya harus minum obat mdt kusta lagi?? Trima kasih

    Halo,

    Kondisi yang Anda alami, tidak selalu disebabkan oleh kondisi kekambuhan Kusta (relaps).  Penyebab lain yang mungkin adalah infeksi jamur di kulit, lesi kulit karena sifilis, reaksi alergi kulit, vitiligo dan kondisi autoimun yang menyerang kulit seperti Psoriasis.

    Untuk memastikan apakah Anda memerlukan pengobatan ulang MDT dan memastikan penyebab bercak merah bukan disebabkan penyakit lain, sebaiknya Anda menemui Dokter Spesialis Kulit yang melakukan perawatan langsung terhadap Anda selama ini. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan medis dan menentukan diagnosis dan penyebab dari keluhan yang Anda alami. Dokter juga akan melakukan penanganan yang paling tepat.

    Penghentian konsumsi MDT hanya diputuskan dan ditentukan oleh Dokter yang melakukan pemeriksaan dan perawatan medis langsung pada diri Anda.

    Sementara itu lakukan hal-hal berikut untuk membantu proses penyembuhan dan menjaga kesehatan kulit :

    • Jalankan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi SeimbangBerolahraga secara teratur, mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, tidur di malam hari 7 sampai 8 jam perhari dan mengelola stress dengan bijaksana.Pola hidup sehat memperkuat sistem imunitas tubuh Anda dan mempercepat pemulihan penyakit.
    • Jaga kebersihan kulit dengan mandi 2x sehari dengan sabun yang lembut. Keringkan tubuh dengan baik agar tidak lembab. Gunakan pelembab tubuh sehabis mandi.
    • Ganti pakaian secara teratur terutama bila berkeringat.
    • Sehabis mandi, selalu lakukan pengecekan bagian-bagian tubuh seperti telapak kaki, tangan, siku untuk cepat mengetahui bila ada masalah kulit yang tidak terasa sehingga dapat ditangani segera.

     

    Baca di sini mengenai Kusta.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti