Tanya Dokter

  • Sering sakit kepala dan khawatir kanker otak

  •  Hanif Mafiya
    Anggota
    Selamat sore dokter, saya ayu umur 19 tahun. Dulu saya pernah sakit kepala (pusing) dan beberap minggu ini lbh sering lagi dan saat pusing saya tidak fokus diajak ngobrol. Terkadang pusing sekitar mata. Takutnya sakit kepala ini tidak biasa dan mungkin tanda" kanker otak atau hal lain. Bagaimana dokter?

    Halo Hanif.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada kepala atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai cephalgia, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : sakit kepala tegang, sinusitis, migrain, infeksi pada telinga, tumor otak, sakit kepala cluster, meningitis, gangguan kesehatan pada gigi, dan lain sebagainya.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti Parasetamol apabila tidak terdapat kontraindikasi pada tubuh Anda, disertai dengan tidur dan istirahat yang cukup, minum air putih minimal 2 Liter perhari.

    Akan tetapi apabila rasa sakit pada kepala dialami lebih dari 15 kali dalam satu bulan, dan dalam 3 bulan berturut - turut, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit saraf atau neurologi, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, CT scam kepala, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SAKIT KEPALA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati