Tanya Dokter

  • Sembuh Batuk Kehilangan Suara

  •  Sion
    Anggota
    Selamat malam, Dokter saya ingin bertanya, saya baru terserang batuk sekitar 3 minggu yang lalu sampai membuat suara hilang. Dokter internis bilang saya terkena batuk dan radang tenggorokan namun sebenarnya saat itu saya tidak merasa tenggorokan saya sakit, hanya memang jadi sulit bicara karena suara saya susah keluar (sangat serak). Setelah diberikan obat saya sembuh dari batuk dan suara saya sudah kembali. Namun saya baru menyadari kalau suara saya tidak kembali ke sedia kala. Saat berbicara terdengar biasa, saat bernyanyi nada rendah juga masih bisa, namun saya jadi tidak bisa bernyanyi nada tinggi. Menyanyi adalah salah aatu bagian penting dalam hidup saya dan saya berharap agar suara saya dapat kembali seperti dulu. Kira-kira apa penyebabnya? Apakah suara saya bisa kembali? Dan langkah apa yang harus saya ambil untuk mengembalikan suara saya seperti sedia kala? Terimakasih banyak atas waktu dan perhatiannya.

    Sion yang baik,

    masalah pada saluran pernapasan dapat terjadi secara kompleks karena pada saluran pernapasan terdapat banyak struktur yang mempengaruhi suara seseorang. Beberapa masalah saluran pernapasan yang merubah suara seseorang meliputi :

    • infeksi saluran pernapasan atas sehingga menyebabkan pilek dan hidung tersumbat sehingga warna suara menjadi berbeda
    • laringitis atau radang pita suara yang menyebabkan suara hilang karena pita suara yang bengkak
    • tumor pada pita suara yang menyebabkan gangguan produksi suara seperti halnya pada radang

    Untuk mengetahui hal yang mendasari masalah suara Anda, harus dilakukan pemeriksaan langsung pada bagian pita suara Anda. Hal ini dapat ditempuh dengan menggunaan pemeriksaan laringoskopi yang biasa dilakukan oleh dokter spesialis Teling Hidung Tenggorokan. Oleh karenanya Anda harus memeriksakan kondisi Anda pada dokter THT untuk dapat menentukan penanganan yang tepat. Cobalah untuk mengonsumsi cukup cairan untuk membantuk mengencerkan lendir di sekitar saluran pernapasan yang terkadang dapat mengganggu produksi suara. Berikut kami lampirkan artikel mengenai suara serak. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief