Tanya Dokter

  • Tentang senam kegel

  • dok.. sya mau tnya nihc.. sya kn prnah bca artikel tntang senam kegel.. ktanya senam ini bisa mengencangkn organ kwanitaan.. tp kx wkt sya bca cara agar lancar saat melahirkan, kx ada senam kegel ya dok..?? yg bnr yg mana dok..?? tolong d jelaskan donk.. mksi dok..

    Hai Puput,

    Senam kegel merupakan gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot dasar panggul, yaitu bermanfaat untuk mengencangkan otot di bawah rahim, kandung kemih dan usus besar.

    Berikut manfaat senam kegel:

    - Mengencangkan otot organ kewanitaan
    - Menjaga kontrol otot untuk buang air kecil dan besar
    - Memperlancar proses persalinan pada ibu hamil
    - Bagi pria senam kegel dapat membantu meningkatkan performa seksual, mengelola ereksi dan menunda ejakulasi

    Oleh karena itu manfaat senam kegel untuk mengencangkan otot organ kewanitaan dan memperlancar proses persalinan keduanya adalah benar. Dengan melatih otot dasar panggul maka dapat ikut mengencangkan otot pada organ kewanitaan. Dengan otot dasar panggul yang kuat dan elastis akan bermanfaat pula untuk membuka jalan lahir dan membantu dalam proses meneran (mengejan) saat melahirkan, sehingga kondisi ini sekaligus dapat memperlancar proses persalinan.

    Berikut ini cara melakukan senam kegel:

    - Lakukan senam kegel seperti gerakan menahan kencing
    - Kosongkan kandung kemih dahulu (buang air kecil terlebih dulu) kemudian ambil posisi berbaring atau duduk (selanjutnya setelah otot dasar panggul semakin kencang Anda dapat pula melakukan senam kegel sambil berdiri atau berjalan)
    - Kencangkan otot dasar panggul, tahan selama 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi 4-5 kali, kemudian tingkatkan durasi dari 5 ke 10 detik
    - Saat mengencangkan otot dasar panggul, hindari mengencangkan perut, paha dan bokong, serta tetaplah bernafas bebas
    - Ulangi gerakan ini 3 kali sehari dengan pengulangan sebanyak 3x10 kali

    Informasi berikut ini dapat berguna:

    Manfaat dan cara melakukan Senam Kegel

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman