Tanya Dokter

  • Rasa mengganjal pada tenggorokan, sendawa, dan nyeri pada ulu hati

  •  Ahmat bintoro
    Anggota
    Selamat malam dok, saya ahmat bintoro umur 23 tahun, saya ingin bertanya tentang apa yg saya rasakan selama 3 hari berturut turut hingga sampai saat ini, sudah 3 hari saya merasakan, ada yg mengganjal ketika makan, menelan dan ketika saya sendawa, dibagian sekitar uluh hati, rasanya seperti orang keselek yg sehabis makan cuma belum minum air putih gitu dok, bisa mohon dibantu dok kira kira apa yg alami ini dok?

    Ahmat yang baik,

    rasa nyeri ulu hati, sendawa, hingga rasa mengganjal di dada biasanya berkaitan dengan masalah pencernaan yang berlokasi sebagian besar di lambung. Sendawa atau eruktasi merupakan usaha tubuh untuk mengeluarkan gas atau udara yang berada dalam lambung yang bisa berakumulasi oleh karena udara yang tertelan saat makan/bicara, atau produksi gas yang meningkat pada kasus infeksi saluran cerna, maupun kasus sakit maag. Demikian pula dengan nyeri ulu hati yang disebabkan paling sering oleh sakit maag. GERD atau Gastroesofageal Reflux Disease adalah kondisi dimana asam lambung naik ke tenggorokan dan mengiritasi jalur disekitarnya sehingga menimbulkan rasa mengganjal di dada.

    Langkah pertama menangani masalah lambung ialah menjaga pola makan tetap teratur, dan pilihan makanan yang tidak pedas maupun bersantan serta mengurangi konsumsi kafein dalam kopi dan manajemen stres psikis yang baik. Hindari langsung berbaring setidaknya 2 jam pasca makan untuk menghindari naiknya asam lambung ke tenggorokan. Jika kondisi berlanjut jangan ragu memeriksakan diri ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai sakit maag. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief