Tanya Dokter

  • Apakah urine dan sperma dapat bercampur?

  • dok saya mau tanya, apakah sperma/air mani bisa keluar bersamaan dengan air seni ketika buang air kecil ??

    apabila bisa apakah kelainan daripada itu ?

    dan bagaimana pencegahan dan solusi nya bila sudah terjadi ??

    mohon petunjuknya. sukron jazzaakumullah...

    Haai Firdaus, 

    Normalnya, cairan semen dan urine tidak bercampur. Saat seorang pria sedang melakukan aktifitas seksual dan sedang dalam kondisi bergairah, maka secara otomatis, otot otot dasar kandung kemihnya akan menutup. Maka seharusnya cairan urine dan semen tidak akan bercampur.

    Tetapi, pada kondisi kondisi berikut ini, semen dan urin dapat bercampur, yaitu:

    • Pembesaran prostat
    • Retrograde ejaculation, dikenal juga dengan orgasme kering, dimana saat ejakulasi, semen yang seharusnya keluar melalui uretra, malah masuk ke ruang kandung kemih, akibat katup dan otot di bagian bawah kandung kemih tidak berfungsi dengan baik
    • Sperma yang masih ada di saluran uretra, yang berasal dari ejakulasi sebelumnya, kemudian bercampur dengan air kemih  saat pria sedang BAK.

    Anda dapat memeriksakan hal ini langsung dengan dokter ahli urologi, agar bisa dilihat kondisi apa yang menyebabkan hal ini terjadi pada Anda.

    Perlu juga diketahui bahwa, penyakit menular seksual juga dapat membuat pria mengeluarkan cairan putih seperti semen, dan Anda dapat saja keliru memahami hal ini.  Pemeriksaan cairan ini penting untuk mengetahui jelas jenis cairannya dan kemungkinan penyebabnya.

    Demikian, semoga dapat membantu Anda