Tanya Dokter

  • Batuk kering hingga 1 minggu disertai sakit pada tenggorokan dan saat BAK

  •  Nopy Handa
    Anggota
    Hai dok. Saya mau tanya sudah satu minggu ini saya batuk kering di siang hingga malam hari dan terasa sangat sakit di tenggorokan tetapi batuk berdahak di pagi hari. Kalo buang air kecil juga terasa sangat sakit. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Hai Nopy, Batuk sebenarnya adalah merupakan kompensasi dari tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran pernafasan seperti debu, asap, dll. Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gejala batuk yang dialami dalam waktu yang lama. Infeksi saluran pernafasan juga memiliki gejala batuk-batuk. Biasanya infeksi ini disebabkan oleh bakteri. Oleh sebab begitu banyaknya penyakit yang dapat menjelaskan penyebb, saya sarankan Anda untuk pergi ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dahak, foto rontgen paru, dan juga pemeriksaan darah untuk mengetahui penyebab batuk yang Anda rasakan. Nyeri pada tenggorokan pada umumnya disebabkan oleh peradangan pada tenggorokan. Umumnya disebabkan oleh infeksi virus meskipun dapat disebabkan oleh infeksi bakteri pula. Oleh sebab itu pada umumnya nyeri tenggorokan tidak membutuhka antibiotik kecuali setelah diperiksa oleh dokter ada kemungkinan infeksi bakteri yang terjadi. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:

    • Hindari merokok dan hindari paparan asap rokok karena dapat menjadi pemicu
    • Tutuplah mulut Anda saat batuk dengan baik karena dapat menularkan bakteri
    • Segera konsultasi dengan dokter apabila Anda merasakan sesak nafas, batuk berdarah, dan mengalami penurunan berat badan yang drastis
    • Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu berminyak
    • Konsumsi air mineral minimal 2.5 liter dalam 1 hari
    Anda juga dapat membaca artikel di bawah ini: Batuk Obat batuk SAkit tenggorokan Semoga membantu dr. Yosephine