Tanya Dokter

  • facial untuk komedo putih

  •  schelen
    Anggota
    Dok saya mukanya gmpng bgt tumbuh komedo putih yg di dlm gtu. Klo ga di apa"in, itu komedo nnti jdi jerawat nanah gtu. Trs saya prnh ke dokter gtu kan, katanya saya hrus facial. Dan emg sembuh. Trus itu dokter pindah jd saya facial sndri di rmh n malah jd bekas. Trus saya ke erha n g boleh facial. Saya di erha udh hbis bnyk jg tpi ga ada hasil. Trus sy ke dokter lain lgi. Saya di suruh facial lgi dok. Soalny katanya ga ada cara lain untuk ngeluarin komedo putih saya. N tdi saya coba facial lgi. Tpi klo di dokter ini facialny g dpt cream anti radang. Itu gppa dok? Atau saya hrus gmna? Saya pasrah :") anyway saya 16 thhn
    schelen  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Schelen,

    Komedo putih merupakan jerawat ringan yang disebabkan karena pori kulit tersumbat sisa sel kulit mati, minyak berlebih, dan bakteri. Untuk membantu mengurangi komedo putih, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Gunakan semua produk wajah baik itu skincare maupun kosmetik yang non comedogenic
    • Hindari pemakaian makeup tebal
    • Gunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid, glycolic acid, benzoil peroksida
    • Gunakan scrubbing 2-3x/minggu jika tidak berjerawat
    • Gunakan home peeling jika wajah berjerawat
    • Gunakan tabir surya 
    • Pastikan wajah benar-benar bersih sebelum tidur
    • Maksimal cuci muka dengan sabun 2x sehari

    Jika dengan tips di atas tidak ada perbaikan, maka dokter kulit bisa memberikan obat topikal lain seperti retinoid untuk mengurangi komedo. Selain itu beberapa tindakan juga bisa dilakukan untuk mengurangi komedo yaitu dengan chemical peeling, mikrodermabrasi, ekstraksi komedo, dan injeksi steroid.

    Untuk facial sendiri, selama dilakukan di bawah pengawasan dokter umumnya cukup aman. Facial umumnya tidak dianjurkan jika kondisi kulit sedang banyak jerawat aktif atau sedang mengalami peradangan. Hanya saja sebaiknya hindari facial di salon yang kesterilan alatnya tidak terjamin serta hindari memencet komedo sendiri dirumah karena beresiko muncul jerawat. Sebaiknya facial juga tidak perlu terlalu sering dilakukan ya.

    Sedangkan untuk krim antiradang, selama tidak ada peradangan di kulit, maka dokter tentunya tidak perlu memberikan krim anti radang ya. Untuk mengurangi kemerahan pasca facial, Anda bisa menggunakan pelembap atau masker yang bersifat menghidrasi dan menenangkan kulit.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Komedo putih
    Facial wajah

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y