Tanya Dokter

  • seputar haid

  •  Ningsih
    Anggota

    Saya mau tanya dok, sy punya anak 1 dan ikut suntik KB 3bln, sekarang sedang haid, 3hari prtama haid biasa aja trus berhenti 2hari kmudian keluar haid lagi tp perut sy rasanya melilit luar biasa seperti org mau melahirkan, dan itu sy rasa setiap mau BAB, kalo itu gmna dok???

    Dear Ningsih, Salah satu efek samping KB suntik 3 bulan adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Selain KB suntik ini, menstruasi tidak teratur bisa disebabkan beberapa hal lain seperti:

    • olahraga berat
    • penurunan berat badan yang drastis
    • stres psikologis
    • kista ovarium
    • polip rahim
    • gangguan pembekuan darah
    • penggunaan obat-obatan tertentu
    • dsb.
    Perut melilit sebelum BAB dapat merupakan gejala dari penyakit berikut:
    • keracunan makanan
    • gastroenteritis
    • disentri
    • radang usus besar
    • sindrom iritasi usus
    • penyakit Crohn
    • dsb.
    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda langsung dengan dokter agar dapat dilakukan penelusuran riwayat dan pemeriksan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium dan USG mungkin diperlukan. Diagnosis dan terapi yang tepat akan diberikan dokter. Berikut tips yang dapat dilakukan:
    • hindari aktivitas dan olahraga berat
    • hindari penurunan berat badan yang terlalu cepat
    • makan makanan bergizi seimbang secara teratur
    • hindari makan makanan yang tidak bersih
    • minum air putih dalam jumlah cukup
    • kelola stres dengan baik
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Penyebab menstruasi tidak lancar Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya