Tanya Dokter

  • seputar hasil pap smear

  • dear dokter,

    saya farida umur 22 tahun , saya sebelumnya mengikuti pap smear dan saya sudah mendapatkan hasil pap smear terdapat hasil pemeriksaan yaitu :

    1. pemeriksaan fisik : putih, erosi

    2. sel epitel : sel superfisial, intermediate, parabasel

    3. sel inflamasi : sel radang PMN banyak, mononuclear, histiosit

    4. mikroorganisme : lactobacillus 

    5. perubahan seluler : perubahan keradangan

    6. spesimen : cukup adekuat

    7. hasil : radang purulent non spesifik/NILM/papanicolaou class II

     

    mohon bisa dijelaskan dok? apa ini bisa terjadi kanker serviks???

    terima kasih

    Hai Faridatun. Pap smear merupakan pemeriksaan yang digunakan untuk skrining awal kanker serviks. Biarpun dapat menjadi skrining awal kanker serviks, hasil yang positif tidak serta merta menandakan anda terkena kanker serviks. Kondisi lain seperti infeksi, peradangan juga dapat memberikan hasil positif. Oleh karena itu, detail dari hasil serta pemeriksaan dokter secara langsung saat pemeriksaan fisik dan anamnesa (tanya jawab) penting untuk memastikan kondisi anda. 

    Dari hasil anda didapatkan hasil berupa peradangan dan tidak ditemukan sel keganasan. Namun, karena bersifat penunjang, maka anda harus konsultasikan kembali dengan dokter anda agar mencocokkan hasil pemeriksaan sebelumnya secara klinis sehingga dapat ditemukan penyebab yang lebih jelas mengenai kondisi anda. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa