Tanya Dokter

  • Bolehkah minum air kelapa saat sedang hamil 6 bulan?

  • Selamat siang dok.. Sy mau nanya saat ini saya sedang hamil 6 bln apakah sya boleh minum air kelapa?? Atau air dingin(es)

     

    Selamat malam Putri Larasati,
     
    Air kelapa tentu bermanfaat bagi ibu hamil, beberapa manfaatnya, seperti dibawah ini:
    1. memperkuat daya imun tubuh ibu
    2. membantu mengurangi kelelahan
    3. mencegah infeksi saluran kencing
    4. melancarkan sirkulasi darah
     
    Tetapi, hendaknya meminum air kelapa jangan berlebihan, pastikan air kelapa yang diminum berasal langsung dari buahnya, mengonsumsi air kelapa yang segar, dan hentikan jika air kelapa membuat ibu hamil tidak nyaman.
     
    Ibu yang sedang hamil harus minum air putih yang cukup, jangan sampai kurang karena untuk kesehatan janin yang dikandung. Tetapi kadang ada mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh minum air putih dingin atau air putih es karena takut membuat bayi menjadi besar, pada dasarnya minum air dingin atau hangat tidak ada bedanya. Jadi tentu ibu hamil boleh meminum air putih dingin.
    Selain itu air dingin justru dapat merangsang pergerakan janin, karena janin akan merasakan dinginnya air tersebut dan menghindarinya. Bila ingin meminum air es saat hamil, pastikan es batu yang digunakan bersih, karena jika es batu yang digunakan tidak bersih dapat menjadi sumber kuman. Lebih aman, minum air dari rumah atau air putih kemasan yang terjamin kebersihannya. Jika bosan dengan air putih, dapat juga minum jus buah tanpa gula dan susu dan air kelapa. hindari juga minum-minuman berkarbonasi karena minuman ini memiliki gula yang tinggi sekali.
     
    Baca juga artikel mengenai air es untuk ibu hamil disini.
     
    Semoga membantu, dr. Natasha