Tanya Dokter

  • sperma keluar lagi dari vagina setelah berhubungan intim

  • Dok saya mau bertanya, saya melakukan hubungan dengan suami saya, dan mengeluarkan sperma didalam,setelah itu saya diam selama beberapa menit agar memastikan sperma masuk,tapi kenapa ya sperma nya keluar lagi padahal saya sudah diam dengan posisi kaki menekuk dan di bokong ditopang bantal.. Apa itu sudah dipastikan ada dperma yg masuk atau keluar lagi semuanya dok???

    Terima kasih Mira Chairunnisa atas pertanyaannya di forum Alodokter, suatu kondisi kehamilan dapat terjadi akibat adanya pertemuan antara sel sperma laki-laki dan sel telur pada perempuan. Dimana kondisi ini lebih mudah terjadi terutama ketika melakukan hubungan suami istri pada masa subur. Masa subur seorang wanita memiliki waktu yang berbeda-beda pada tiap individunya biasanya hal ini dikaitkan dengan adanya proses pelepasan sel telur (ovulasi). Dimana masa subur ini dapat diketahui dengan beberapa cara seperti:
    - metode kalender (12-16 hari sebelum masa haid berikutnya)
    - mengukur suhu basal (ketika masa subur, suhu mungkin akan meningkat kurang dari 0,3 derajat Celcius)
    - menggunakan alat prediksi masa ovulasi yang dijual di apotek
    - menggunakan kalkulator masa subur
    - cek lendir serviks (saat ovulasi, lendir lebih encer, lebih banyak, warna bening seperti putih telur)

    Sedangkan mengenai sel sperma yang kembali keluar dari vagina sesaat melakukan hubungan suami istri merupakan suatu kondisi yang wajar, dimana biasanya sperma yang tumpah ini biasanya merupakan cairan mani atau sel-sel sperma dalam bentuk yang tidak normal, sedangkan sel sperma yang baik umumnya sudah berada dalam tubuh wanita serta dapat bertahan hingga 2 sampai 3 hari hingga melakukan suatu pembuahan. Namun bila Saudari mengalami kesulitan dalam melakukan program kehamilan sebaiknya hal ini tetap dapat diperiksakan ke dokter terkait guan mencari tahu penyebab yang mendasari seputar keadaan ini sebelum dapat diberikannya suatu penanganan yang tepat.

    Berikut terdapat artikel "Seputar langkah diet buat kamu yang ingin cepat hamil"

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra