Tanya Dokter

  • Normalkah haid hanya 4 hari ?

  • Malam dok, usia saya 19thn saya mau bertanya seputar menstruasi. Begini dok siklus haid saya berjeda 21 hari dari bln okt ke nov, tgl 8 saya mulai haid tpi volume darah haid saya dihari pertama tidak banyak, biasanya pada hari pertama bulan2 kemarin volume darah di hari ke 1-3 suka banyak dok. Di hari ke 2-3 pun sama volume darah haid saya tidak banyak, yg biasanya hari ke 1-3 suka banyak dan suka (sumilangeun) tpi bln sekarang saya tdk merasakan (sumilangeun/sakit perut bagian bawah pusar) darah haid saya berwarna merah sedikit kecoklatan. Nah skrng dihari ke 4 haid si darah sudah tidak keluar lagi. Yg biasanya suka smpe 6 hari saya haid. Apakah normal dok?

    Hai Silvia,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Menstruasi diregulasi oleh hormon-hormon reproduksi yang disekresikan secara fluktuatif, tidak selalu stabil. Karenanya, menstruasi pun tidak selalu identik (sama persis) polanya dari siklus satu ke siklus lainnya.

    Menstruasi yang normal berlangsung antara 2 hingga 8 hari, dengan jeda antar siklus antara 21 hingga 35 hari. Pada setiap siklusnya, normalnya wanita akan mengeluarkan darah menstruasi berkisar antara 30 hingga 40 ml, terlepas dari kapan alirannya akan lebih deras atau lebih kecil. Selama menstruasi Anda masih berada pada rentang normal di atas, maka perbedaan, baik yang terkait dari aliran darah menstruasi ataupun durasi menstruasi bukanlah menandakan suatu yang abnormal.

    Demikian pula halnya dengan nyeri menstruasi (sumilangeun, dismenorrhea). Nyeri ini timbul karena kontraksi otot rahim dalam mengeluarkan darah menstruasi. Tidak terasa nyeri saat menstruasi juga belum tentu menunjukkan suatu kelainan. Kondisi ini sangat wajar terjadi, misalnya jika kondisi psikologis Anda sedang stabil, bahagia, tidak melakukan aktifitas berat, dan juga rajin berolahraga.

    Beberapa kondisi abnormal yang bisa menyebabkan menstruasi menjadi lebih sedikit, lebih singkat, dan tidak terasa nyeri adalah:

    Jika Anda merasa pernah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman setelah menstruasi terakhir Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami berkaitan dengan kehamilan atau tidak ya..

    Sementara itu, untuk membantu memperlancar menstruasi, Anda sebaiknya menjalani pola hidup yang lebih sehat, di antaranya dengan rajin berolahraga, perbanyak istirahat, makan makanan bergizi (tidak berpengawet, tidak berlemak berlebihan), hindari stres, dan jaga berat badan ideal.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah