Tanya Dokter

  • Mengalami gejala efek samping steroid saat konsumsi vitamin B

  •  ulul21
    Anggota
    Alo dok, saya minum obat vitamin b kompleks bernama neuroboran, setelah saya minum obat itu saya mengalami hampir semua gejala yang ditimbulkan oleh kandungan steroid. Apakah obat tersebut memiliki kandungan steroid dok? Soalnya saya baca" berita saya menemui salah satu merk obat vitamin b terkandung steroid didalamnya.. mohon jawabannya dok.. terimakasih
    ulul21  ferdiansyah88
    Anggota

    tidak ada kandungan steroid didalam obat neuroboran

     

    mereknya apa vit b complex yang ada steroidnya?

    ulul21  ulul21
    Anggota
    B-50

    Hai Ulul21,

    Vitamin B sangat dibutuhkan oleh tubuh guna perkembangan dan pertumbuhan fungsi organ tubuh, dimana kekurangan asupan vitamin B dapat menimbulkan munculnya gangguan pada tubuh. Timbulnya keluhan seperti lesu, masalah pada otot, kesemutan, mudah lelah hingga kerontokan rambut mungkin terjadi.

    Untuk mengatasi kondisi ini banyak orang mengkonsumsi suplemen atau vitamin  b kompleks yang dijual bebas dipasaran, namun sangat penting untuk membaca kandungan obat sebelum mengkonsumsinya. Neuroboran adalah salah satu obat yang berisi vitamin b1, b6, b12, vit E, nicotinic acid dan glutamic acid. Kandungan pada obat ini tergolong aman dan dapat dikonsumsi. Obat yang Anda ketahui mengandung campuran steroid, perlu diketahui lebih lanjut apakah jelas telah terdaftar BPOM atau tidak, karena jika tidak sesuai dengan anjuran dokter maka akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

    Sebaiknya sebelum mengkonsumsi obat Anda melihat kandungan didalamnya, peraturan penggunaan, serta izin dan terdaftar secara jelas oleh BPOM. Jika Anda merasa tidak yakin Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya