Tanya Dokter

  • Solusi atasi rasa cemas berlebihan

  •  Brayen
    Anggota

    Dok, saya mau nanya kenapa penyakit cemas, panik itu bisa kambuh dok, hal itu terjadi ketika saya teringat kejadian cemas masa lalu atau yang pernah dialamin. Dan semakin lama saya rasa semakin parah dok kalau kambuh,dan sering terjadi saat mau tidur,pikiran saya sangat kacau,merasa tidak bisa diobatin,kadang memicu keinginan bunuh diri dok.saya melakukan tarik nafas awalnya mampan tetapi makin lama itu tdk mampan,dan saya seorang yang pemikir dok,sehingga membuat pikiran makin kacau. Apa yang harus saya lakukan saat penyakit itu kambuh dok?gimana caranya supaya tidak kambuh dok?mohon solusi dok,thanks.

    Brayen  adela.yoan
    Anggota

    Bisa jadi itu adalah panic disorder mas. Tetapi untuk tindak lanjut penyembuhan, mas bisa mencari psikokog untuk melakukan konseling. Bisa jadi hal ini disebabkan karena ada trauma masa lalu yang merangsang munculnya stimulus kecemasan itu. Semoga membantu :)

    Dear Brayen, Terima kasih atas pertanyaannya. K<span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">ondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar merupakan kesehatan mental. Sebaliknya apabila kita memiliki gangguan suasana hati, sampai membuat sulit konsentrasi, aktivitas terganggu (misalnya menjadi sulit tidur), sampai terdapat keinginan untuk bunuh diri, maka dapat dikatakan bahwa kesehatan mental kita terganggu. Hal ini dapat dipicu oleh trauma peristiwa masa lalu, riwayat pelecehan, intimidasi, ataupun kekerasan.</span> Alangkah baiknya saat ini Kamu memeriksakan diri ke Dokter Umum atau Psikiatri agar dapat ditelusuri penyebab yang mendasari keluhan Kamu, kemudian dapat diberi penanganan yang tepat. Hal ini sangat penting dilakukan apabila Kamu sudah tidak dapat mengatasinya sendiri. Dokter biasanya akan memberikan terapi berupa konseling, obat antidepresan, serta terapi kognitif. Hal yang dapat Kamu lakukan untuk mengurangi keluhan:

    • Konsumsi makanan sehat secara teratur
    • Kurangi asupan kafein (kopi, teh, coklat, minuman soda)
    • Hindari merokok dan minuman beralkohol
    • Olah raga rutin
    • Relaksasi sederhana di rumah
    Sekian semoga bermanfaat, dr.Annes