Tanya Dokter

  • Cara mengatasi kepala berputar sebelah yang berlangsung sebentar

  • Dok, kemarin saya secara tiba tiba merasa semuanya berputar tapi hanya sementara. Sejak kejadian itu saya sering mengalami sakit kepala di kiri. Sebelumnya saya juga terkena pilek dan merasakan sakit kepala di kiri juga. Apakah ini vertigo? Dan bagaimana cara mencegah dan mengatasinya bila terjadi lagi? Makasih dok.
    Celine Djakaria  Celine Djakaria
    Anggota
    Oh ya dok tambahan sakit kepalanya di daerah hidung bagian kiri dan atas mata kiri

    Halo Celine.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke gangguan kesehatan yang dalam bahasa medis disebut sebagai migrain, dimana migrain merupakan timbulnya sakit kepala pada salah satu sisi kepala.

    Selain dari sakit kepala ( umumnya sakit yang dirasakan berdenyut dan lebih terasa apabila penderitanya bergerak ), gejala yang dapat menyertai adalah : Kehilangan keseimbangan / limbung / sekeliling terasa berputar, kesulitan berbicara, gangguan penglihatan, kurang konsentrasi, mual --- muntah, dsb.

    Faktor - faktor penyebab dari migrain sendiri masih belum diketahui secara pasti, akan tetapi para ahli berpendapat bahwasanya migrain dapat disebabkan oleh karena adanya faktor : hormon ( misal : menstruasi, menopause, dll. ), obesitas, faktor keturunan, makan dan minum yang dapat memicu hal ini ( misal : makanan yang banyak mengandung MSG, alkohol, dll. ), stress psikologis, kelelahan, dll.

    Cegah migrain dengan cara : Jalani pola hidup sehat ( seperti : makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 liter perhari, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, tidur dan istirahat yang cukup, kelola stress psikologis, STOP MEROKOK dan jangan minum minuman keras ), kenali dan hindari berbagai hal yang dapat memicu migrain, dsb.

    Jika setelah melakukan cara - cara di atas, keadaan migrain yang Anda alami masih saja dirasakan dan kekambuhannya cukup sering, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Neurologi / Saraf agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    MIGRAIN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati