Tanya Dokter

  • Benjolan di bawah paru-paru dan limpoma

  • Selamat malam dokter,, Saya jimy usia 28th, dok saya ada benjolan di bawah paru-paru, saya sudah cek ke rumah sakit di medan, kata dokter ya saya mengiidap penyakit lipoma, dri buku yg saya baca lipoma ntu bukan sperti yg saya rasakan, benjolan itu terasa sakit dan tidak dapat bergeser seperti arti dri lipoma, saya sangat gelisah dengan penyakit ini dok, mohon penjelasan ya dok... Trimakasih.

    Jimy Sihombing  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Jimy, Mungkin yang kamu maksud benjolan di dinding dada? Adanya benjolan pada dinding dada dapat disebabkan oleh banyak penyebab. Benjolan tersebut dapat disebabkan oleh :

    • Infeksi / abses : umumnya ditandai oleh tanda tanda peradangan, benjolan nyeri, kemerahan, hangat pada perabaan. Pada perabaan juga mungkin terasa fluktuasi cairan dan nanah jika sudah terjadi pernanahan
    • Kutil
    • Keganasan
    • Tumor jinak , dapat berasal dari banyak jaringan, jika berasala dari jaringan lemak disebut lipoma, dari jaringan ikat  disebut fibroma, dari jaringan saraf kulit disebut neuroma, dan sebagainya.
    Jika benjolan tersebut dari pemeriksaan diduga tumor jinak (entah lipoma, fibroma, dsb) umumnya dugaan tersebut berasal dari hasil pemeriksaan fisik yang menunjukkan sifat-sifat yang mengarah ke jinak. Jika benar, maka pengobatannya umumnya dengan operasi pengangkatan benjolan tersebut. Diagnosa pasti dari suatu benjolan umumnya dipastikan dengan pemeriksaan patologi anatomi dari jaringan benjolan tersebut. Pada umumnya kualiitas suatu benjolan yang jinak adalah : pembesaran lambat, berbatas tegas, umumnya mudah digerakkan/tidak melekat, tepi rata, umumnya tidak berbenjol-benjol, perabaan lunak/kenyal, dan tidak terdapat borok/luka pada benjolan tersebut Jika anda ragu, anda dapat mengunjungi dokter lain untuk mendapatkan second opinion atau anda dapat juga langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah. Sulit untuk menentukan penyebab benjolan tanpa melakukan pemeriksaan langsung. lipoma demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat