Tanya Dokter

  • sering BAB tapi tidak diare

  •  Rendy Afriadi
    Anggota

    Sore dok,

    Seminggu belakangan ini, saya sering BAB bisa sampai 6 kali sehari, tapi poopnya g' seperti diare dok, cuman keluarnya dikit2 aja. Selain itu, BAB pagi saya kayak biasanya aja, normal gitu gak ada yang aneh. Pas siangnya ketika BAB yang sering itu baru poopnya yang kecil2 tadi selain itu juga ada sedikit berlendir bening putih tapi g' bau dok. O, iya dok, udah dua bulan ini aku lagi ikut program diet gitu. Apa pengaruh diet atau gimana ya dok?

    Terima kasih sebelumnya :)

    Halo Jonathan.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini kemungkinan mengarah ke gangguan kesehatan pencernaan yang dalam bahasa medis disebut sebagai Irritable bowel syndrome, dimana penyakit ini menyerang usus besar.

    Gejala yang dapat timbul diakibatkan oleh penyakit ini diantaranya adalah : Sakit perut atau kram, perut kembung atau bengkak, sering buang angin, Buang air besar yang tidak tuntas, tinja mengandung lendir, sering buang air besar ( BAB ) atau dapat pula terjadi sembelit, dll.

    Penyebab dari timbulnya keadaan yang Anda alami kemungkinan memang karena Anda menjalankan diet tertentu, sehingga pola makan dan minum Anda berubah dan akhirnya timbul lah gangguan sistem pencernaan. Selain dari hal tersebut, IBS dapat pula disebabkan oleh karena : pengaruh psikologis ( misal : stress, cemas, depresi, dll. ), makan makanan atau minum minuman jenis tertentu ( misal : minuman keras, cokelat, minuman bersoda, makanan berlemak dan digoreng, dll. ), dsb.

    Cobalah atasi keadaan ini terlabih dahulu dengan cara : menyusun pola makan yang sehat dan bergizi, atur konsumsi serat, konsumsi produk probiotik, teratur berolahraga sesuai dengan kemampuan, kelola stress psikologis, dll.

    Jika setelah melakukan cara - cara diatas kondisi yang Anda alami masih saja terjadi, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    IBS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati