Tanya Dokter

  • Penyebab sering buang air kecil saat hamil muda

  • Hallo dok, saya mau bertanya ,saya sedang hamil 1 bulan..kenapa saya terlalu sering buang air kecil setiap 1 jam sekali,apakah itu normal atau tidak...??? Terima kasih dok

    Hai Shinta,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kandung kemih dan rahim di dalam rongga panggul lokasinya sangat berdekatan. Keduanya dibatasi oleh fascia yang disebut dengan vesicouterine pouch. Pembesaran pada rahim saat hamil bisa menyebabkan kandung kemih terdesak. Akibatnya, kemampuan kandung kemih dalam menampung urin akan lebih terbatas. Hal ini bisa menyebabkan refleks untuk berlebih datang lebih sering, bahkan terkadang sampai tidak tertahankan dan menyebabkan inkontinensia (mengompol).

    Kondisi yang Anda alami tersebut kemungkinan masih merupakan hal yang wajar. Keluhan ini umumnya bisa berlangsung terus hingga kehamilan Anda membesar nantinya. Selain itu, kondisi lingkungan yang dingin, asupan cairan yang banyak, dan juga tekanan psikologis (misalnya saat Anda merasa takut atau cemas) bisa juga memperparah keluhan ini.

    Anda bisa mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul dengan cara:

    • Jangan biasakan menahan hasrat untuk berkemih
    • Tetap minum yang cukup 8-12 gelas perhari
    • Tidak terlalu banyak minum 1-2 jam menjelang tidur
    • Gunakan celana dalam yang bersih dan berbahan lembut menyerap keringat
    • Jaga kebersihan organ intim
    • Tidak stres, takut, atau cemas berlebihan

    Namun, jika frekuensi berkemih yang sering tersebut muncul disertai keluhan lain, seperti nyeri saat berkemih, anyang-anyangan, nyeri pinggul, demam, munculnya bercak darah di urin, atau urin yang berbau menyengat, maka perlu dipikirkan kemungkinan penyebab lainnya, misalnya:

    Jika demikian kondisi yang Anda alami, cobalah memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat ya.. Kemungkinan, dokter akan melakukan tes urin, tes darah, dan USG untuk menilai kemungkinan penyebab berikut penanganan terbaiknya.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah