Tanya Dokter

  • Sering demam dan kedinginan

  • Pagi dok,saya mau tanya nih soal demam yg sering dialami ibu saya.ibu saya punya riwayat epilepsi,diabetes,dan hipertensi.saat ini beliau msh konsumsi obat dari dokter,sperti phenytoin,asam asetil salisilat,capptopril,dan potasium cloridaclorida.prtanyaan saya,akhir2 ini ibu saya sering mrasa kedinginan padahal badannya panas,apakah ini efek dari obat?

    Hi Hendra, Demam merupakan kondisi suhu tubuh yang berada di atas 37,5 derajat celcius. Demam sering disebabkan oleh adanya suatu infeksi di dalam tubuh. Beberapa kondisi seperti hipertiroidisme dan penyakit autoimun juga dapat menimbulkan keluhan demam. Efek samping obat antihipertensi juga pernah dilaporkan menimbulkan keluhan demam. Untuk memastikan apakah demam yang ibu Anda alami merupakan efek samping dari obat atau bukan, maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh seorang dokter secara langsung. Ajak ibu Anda untuk menemui dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah untuk menyingkirkan kemungkinan demam yang disebabkan oleh hal lain. Silahkan baca artikel berikut tentang demam Semoga membantu, dr. Tri