Tanya Dokter

  • Penyebab demam berkepanjangan serta solusinya

  •  dea anggita
    Anggota

    Salam hangat Dok. Saya mau tanya, sudah lama saya sering mengalami demam hampir 2 atau 3 bulan sekali, dengan gejala mengigil panas dingin, sakit tenggorokan, dan susah BAB atau panas dalam. Saya tahu bahwasanya penyakit itu wajar, yang sering terjadi disetiap manusia, namun yang saya herankan kenapa sering sekali sakit ini dialami oleh saya, apakah ada kelainan? Mohon bantuannya Dok, terima kasih.

    Hai, Demam merupakan kondisi di mana saat dilakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer didapatkan hasil melebihi 37.5 derajat celcius. Penyebab demam, misalnya:

    • infeksi virus, bakteri, atau parasit tertentu, seperti radang tenggorokan, infeksi saluran kemih, tifus, diare
    • obat, seperti anti kejang
    • terpapar sinar matahari yang lama
    • kanker, misalnya leukimia
    • setelah mendapat vaksinasi, seperti vaksin pneumokokus
    Gejala dan tanda yang muncul saat demam tergantung dari penyebab demam, misalnya menggigil, nyeri sendi/ otot, sakit kepala, dan tidak nafsu makan. Tubuh yang kurang cairan juga dapat meningkatkan suhu tubuh. Usahakan untuk banyak minum air mineral sehingga tenggorokan tidak kering dan tetap terjaga kelembapannya. Konsumsi makanan bergizi secara teratur, dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Obat parasetamol dapat diberikan sementara untuk meredakan demam. Jika keluhan masih berlanjut, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya, serta tes penunjang seperti tes darah dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga dapat segera diberikan penanganan yang tepat. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat membaca halaman Demam.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto