Tanya Dokter

  • Mengatasi demam pada anak dan terkaget saat tidur

  •  Risna Bram
    Anggota
    Dok aq mw nax,keponakanq lgi demam n pnasx udh mendingan tpi disaat dia mulai ingin tertidur tiba" dia kaget lgsung menangis kyk ketakutan,ingin tidur lgi sllu kget bgtu seterusx ,hingga kini udah sehari semalam,kasian dia tidurx g seberapa krn sllu kget, bgmana mengatasix dok n biasax obatx apa ?????

    Hai,

    Kaget pada bayi adalah hal normal yang secara medis dikenal sebagai refleks Moro. Bayi akan tampak kaget sebagai respons terhadap suara keras, gerakan tiba-tiba, atau secara tiba-tiba (karena ia merasa hendak jatuh). Sebagai reaksi kagetnya, bayi akan menjulurkan kedua lengannya sejauh mungkin dan tampak gemetaran. Refleks ini adalah perlindungan alami bagi bayi agar mudah ditangkap oleh orang dewasa di dekatnya apabila ia terjatuh. Refleks Moro akan hilang dengan sendirinya seiring bayi tumbuh besar, biasanya pada usia 3-6 bulan refleks ini sudah hilang.

    Pada saat demam, bayi sering menjadi lebih rewel dan sensitif. Hal ini normal, karena ia belum dapat berkomunikasi dan menyampaikan rasa tak enak badannya. Sama seperti orang dewasa pada umumnya yang sedang demam, bayi juga merasa tidak enak badan, mungkin sakit kepala, nyeri otot atau lemas, sehingga ia menjadi lebih rewel dan sulit tidur. Kondisi ini akan membaik dengan sendirinya seiring penyebab demamnya telah teratasi.

    Kebanyakan penyakit demam pada bayi diakibatkan oleh penyakit infeksi. Periksakanlah ke Dokter untuk mengetahui jenis infeksi apa yang mendasari demam pada bayi. Jika dirasa perlu, pemeriksaan darah mungkin diperlukan. Sementara waktu, demam dapat diredakan dengan pemberian parasetamol dan kompres hangat di lipat tubuh bayi. Teruskan pemberian ASI jika usianya masih di bawah 6 bulan dan berikan perhatian lebih pada bayi untuk membuatnya tetap nyaman selama sakit (mis. menggendong, menyanyikan, mengayun-ayunkan, membawanya jalan-jalan).

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma