Tanya Dokter

  • sering kaget apakah sakit jantung lemah ?

  • dok,, ibu saya kira" umur 37th.. saring kaget kadang juga nyeri didada jika terlalu terkejut..apa beliau terkena jantung lemah ya dok..

    apa bahaya.nya dan apa antisiapasinya atau mungkin dianjurkan minum obat apa gitu dok... karna cemas dan takut jika terkena jantung lemah

    terima kasih dok...mohon bantuannya

    Halo, Istilah awam yang dimaksud jantung lemah kemungkinan adalah gagal jantung atau secara medis disebut congestive heart failure (CHF). Pada keadaan ini kondisi jantung tidak dapat memompa darah lagi sekuat biasanya dan dapat menimbulkan beberapa gejala. Namun, mudah kaget atau nyeri dada saat kaget bukan salah satu diantara gejala penyakit tersebut. Karena jantung tidak dapat memompa darah dengan jumlah normal ada beberapa hal terjadi dan dapat menimbulkan gejala:

    • mudah lelah pada aktifitas ringan
    • sesak napas karena cairan tidak terpompa dan kembali ke paru
    • pembengkan di kaki dan badan karena cairan tidak terdistribusi dan menumpuk
    Jika memang ada gejala-gejala tersebut pada Ibu Anda, maka sebaiknya hal tersebut diperiksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pada keadaan tersebut biasanya diperlukan pemeriksaan USG jantun, ronsen dada, serta EKG. Semoga membantu, terimakasih

    terimakasih dok atas ilmunya ibu saya tidak ada keluhan sperti itu dok,, hanya saja sering tratapan atau kagetan gitu dok...kalo nyeri didada itu sakit apa ya dok ? mohon jawabanya dok..

    Roviszha Twinkle Sangerahe  Nrchdhrachma
    Anggota

    dok aku klo lg kaget'an gitu jantung aku sakit apa itu juga jantung lemah dok??