Tanya Dokter

  • mudah kaget dan jantung berdebar-debar

  •  Tasya Ayu
    Anggota

    Hallo dok, apa penyebab orang gampang kaget? saya selalu kaget ketika di sentuh,mendengar suara dan bahkan ketika di panggil nama saya. ketika tidur pun saya sering kaget, seperti ingin jatuh/mengambil sesuatu tetapi tidak bisa di dapat. saya dengar itu adalah gejala jantung lemah, apa kah betul? mohon penjelasannya dan cara mengatasi nya. Terimakasih banyak Dokter!

    Halo Tasya......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa kaget atau terkejut merupakan bentuk dari respon tubuh ( refleks tubuh ) dan perlindungan tubuh terhadap sesuatu yang terjadi di sekitar kita, dimana tubuh dan pikiran kita tidak mempunyai kesiapan atau kewaspadaan terhadap sesuatu tersebut.

    Gejala penyerta dari kaget sendiri diantaranya adalah : Gerakan otot yang menghindari sumber rangsang, gerakan mulut dan suara yang merespon rangsangan, jantung yang berdebar - debar, keringat dingin, pusing, vertigo ( tubuh serasa berputar atau lingkungan sekitar terasa berputar ), dll.

    Penyebab seringnya kaget pada seseorang biasanya dikarenakan : tubuh dan pikiran yang tidak rileks, seringnya tidak fokus terhadap keadaan sekitar, seseorang yang dalam keadaan gangguan psikologis ( misal : cemas, panik, depresi, stress, dll. ), dsb.

    Sedangkan lemah jantung atau dalam bahasa medis disebut sebagai kardiomiopati sendiri merupakan suatu penyakit yang berhubungan dengan otot jantung, dimana gejalanya salah satunya bukan seringnya kaget ataupun terkejut. Gejala - gejala dari lemah jantung diantaranya adalah : pembengkakan pada tungkai / kaki / pergelangan kaki / dll., kelelahan, denyut jantung yang tidak beraturan, sakit pada dada, pusing, pingsan, dll.

    Cobalah atasi keadaan yang sering kaget ini dengan cara : Cobalah untuk tetap waspada dengan keadaan sekitar, tubuh dan pikiran Anda harus tetap fokus ( jangan bengong atau lengah ), kelola stress psikologis, tidur dan istirahat yang cukup.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    LEMAH JANTUNG

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati