Tanya Dokter

  • Mengatasi nyeri akibat usus buntu

  • Hai, dok

    Aku mau nanya...

    Jadi aku punya penyakit usus buntu dan belum menjalankan operasi karna belum ada kabar dari pihak rs, nah sakitnya itu luar biasa, sering banget dok tibatiba dan galihat situasi dulu (misal; lagi disekolah), gabawa obatnya juga. penanganan pertamanya biar meminimalisir rasa sakit gimana ya dok?

    terimakasih, dokter.

    Hai Nayu.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan

    Penyakit usus buntu merupakan peradangan pada bagian usus buntu. Penderita awalnya akan merasakan nyeri perut pada bagian perut tengah yang kemudian nyeri menjalar ke daerah perut kanan bawah. Selain nyeri perut penderita juga mengalami demam, sulit BAB, diare, mual, sulit buang angin. Usus buntu akut perlu tindakan operasi untuk mencegah usus buntu pecah. Bila usus buntu yang radang pecah maka akan terjadi peritonitis (peradangan pada jaringan yang melapisi perut bagian dalam dan organ- organ dalam perut) hingga abses.

    Bila anda  masih menunggu tidakan operasi dari RS maka bila anda sudah memeriksakan diri ke dokter, dokter akan memberiksan antibiotik dan obat anti nyeri untuk menangani peradangan yang terjadi dan mencegah anda merasa kesakitan yang sangat akibat penyakit ini. Bila anda mengalami sakit perut ketika tidak emmbawa obat maka: berbaring dan istirahat dari aktivitas anda, kompres hangat atau dingin untuk membantu mengurangi nyeri, konsumsi obat anti nyeri atau paracetamol yang umum dapat anda dapatkan di UKS sekolah. Bila anda merasa nyeri yang sangat dan jangka panjang, demam, detak jantung meningkat, dan merasa terengah- engah maka segera periksakan diri anda ke dokter atau bawa ke RS terdekat.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti